Tujuan Dari Riset Pasar
By: Date: May 15, 2020 Categories: Pendidikan
Tujuan Dari Riset Pasar

Tujuan Dari Riset Pasar

Tujuan Dari Riset Pasar

Tujuan dari riset pasar adalah

untuk mengumpulkan dan mendapatkan data – data dari paradigma pelanggan terhadap beberapa kriteria atau variabel yang berhubungan dengan brand perusahaan, siapakah pelanggan atau konsumen kita, bagaimanakah sikap pelanggan kita terhadap parameter-parameter tertentu, mengapa mereka bersikap seperti itu dan apakah respon atau umpan balik yang akan mereka berikan pada masa yang akan datang.
Riset pasar yang dilakukan ini, akan melihat atau mengukur kinerja asuransi jiwa PT. AXA Life Indonesia terhadap perusahaan – perusahaan asuransi jiwa lainnya yang ada di Jakarta. Tugas utama dari riset pasar ini adalah untuk memberikan infomasi yang dapat membantu didalam mendeteksi masalah yang sedang dihadapi oleh PT. AXA Life Indonesia, kesempatan yang dapat dipergunakan oleh pihak PT. AXA Life Indonesia, maupun informasi tentang ancaman-ancaman yang sedang terjadi di Industri asuransi jiwa, melalui riset pasar ini akan timbul tiga pertanyaan yang akan terjawab, yaitu:
1. Atribut-atribut apa saja dari suatu brand perusahaan asuransi jiwa di jakarta, yang memberikan nilai dan keuntungan bagi pelanggannya?
2. Dari atribut-atribut tersebut manakah yang paling penting bagi  pelanggan?
3. Bagaimanakah brand awareness dan brand positioning PT. AXA Life  Indonesia pada industri asuransi jiwa dibenak pelanggan?
Riset pasar menjadi penting karena pihak PT. AXA Life Indonesia tidak pernah melakukan riset pasar sebelumnya untuk menjawab, menilai, dan menyusun kinerja baru untuk PT. AXA Life Indonesia, riset ini sendiri akan berjalan dengan beberapa tahapan sebagai berikut:
a. Menyusun tujuan riset dimana hasil riset ini akan digunakan untuk menyusun langkah-langkah strategis yang dapat dan perlu diambil oleh pihak manajemen PT. AXA Life Indonesia.
b. Riset seperti apa yang perlu untuk dilakukan oleh tim penulis? Melalui langkah ini tim penulis akan menyusun kuisioner yang mampu mentransformasikan informasi yang diberikan oleh pihak manajemen PT. AXA Life Indonesia kepada pertanyaan – pertanyaan yang akan diberikan kepada pelanggan.
c. Riset yang dilakukan akan memberikan gambaran posisi PT. AXA Life  Indonesia pada industri asuransi jiwa yang terdapat di Jakarta.
d. Pemilihan pendekatan riset, apakah riset bersifat riset primer atau riset sekunder, apakah melakukan riset eksploratori atau riset deskriptif, juga pemilihan metode pengumpulan data dan metode sampling yang akan digunakan

e. Metode analisis yang perlu dilakukan, setelah semua data berhasil dikumpulkan.


Sumber: https://civitas.uns.ac.id/kasiono/seva-mobil-bekas/