Siswa MI di Mojokerto Gelar Sholat Minta Hujan

Siswa MI di Mojokerto Gelar Sholat Minta Hujan

Siswa MI di Mojokerto Gelar Sholat Minta Hujan
Siswa MI di Mojokerto Gelar Sholat Minta Hujan

Ratusan siswa MI Al Huda Desa Batankrajan, Kecamatan Gedeg, Kabupaten Mojokerto menggelar Sholat Istisqa, Selasa (15/10/2019). Sholat minta hujan yang diikuti siswa kelas IV, V dan VI tersebut digelar di Lapangan Batankrajan.

Dengan membawa tikar sebagai alas dan sajadah, ratusan siswa berjalan dari sekolah mereka menuju Lapangan Batankrajan. Sampai di lokasi, para siswa langsung menggelar tikar sebagai alas sholat. Sejumlah guru juga ikut dalam kegiatan tersebut.
Baca Juga:

6 Desa di Kabupaten Mojokerto Dilanda Kekeringan
Cegah Karhutlah, Polsek Gedangan Malang Jalan Kaki Masuk Hutan
Khofifah Minta Santri Jatim Gelar Salat Istisqa Agar Karhutla Segera Padam
Meluas, Kekeringan di Gresik Landa 59 Desa
Kemarau Panjang, Kolam Segaran di Mojokerto Kering

Sholat dengan dua rokaat tersebut dilakukan para siswa dengan khusyuk. Guru

agama mereka menjadi imam dalam sholat dengan tujuh takbir di rokaat pertama dan lima takbir di rokaat kedua. Seteleh sholat digelar, mereka pun berdoa kepada Allah SWT.

Ratusan siswa MI Al Huda Sholat Istisqa di Lapangan Batankrajan. [Foto: misti/beritajatim]
Guru agama, Muhammad Izzul Al Khafi mengatakan, Sholat Istisqa dilakukan ketika musim kemarau. “Sebagai seorang muslim disunnahkan melaksanakan Sholat Istisqa. Yakni untuk memohon ridho dari Allah SWT agar segera diturunkan hujan kepada kita,” ungkapnya.

Selain memohon diturunkannya hujan, lanjut Izzul, juga untuk memohon ampunan

kepada Allah SWT dengan cara beristighfar, bersedekah dan lainnya. Tak hanya itu, kegiatan tersebut juga menjadi pembelajaran bagi siswa agar tahu akan ada disyariatkannya Sholat Istisqa.

“Para siswa agar tahu dan dalam moment ini juga pas karena musim kemarau dan belum juga turun hujan. Sudah lebih enam bulan di daerah kami tidak turun hujan dan panas sehingga sudah bisa dilaksanakan Sholat Istisqa. Setelah Sholat Istisqa, proses belajar mengajar dilanjutkan lagi,” katanya.

Salah satu siswa, Kesya Anggita yang merupakan siswa kelas VI ini menambahkan,

jika mereka mengikuti Sholat Istisqa di Lapangan Batankrajan tersebut untuk meminta hujan. “Kita menjalankan Sholat Istisqa ini untuk meminta hujan, karena sudah beberapa bulan tidak turun hujan,” pungkasnya

 

Sumber :

https://www.disdikbud.lampungprov.go.id/projec2014/lompat-jauh/