Sistem Pakar dan Multimedia

Table of Contents

Sistem Pakar dan Multimedia

Sistem Pakar dan Multimedia
Sistem Pakar dan Multimedia
Proses interaksi antara pemakai dengan sistem menggunakan interface keyboard untuk kasus-kasus tertentu dianggap kurang efektif. Oleh karena itu, pemakian multimedia akan menjadi interface yang efektif.  Misalnya seorang dokter yang melakukan operasi dapat memasukan data ke sistem pakar lewat media suara dan sistem pakar memberikan hasil juga dengan media suara.
1.4 Kelebihan dan Kekurangan Sistem Pakar
Kelebihan-kelebihan dari sistem pakar di aplikasi bisnis adalah sebagai berikut:
1) Memberikan pengambilan keputusan yang lebih baik untuk manajer
Yang dimaksud dengan keputusan yang lebih baik adalah karena sistem pakar memberikan jawaban yang konsisten dan logis dari waktu ke waktu. Jawaban yang diberikan logis karena alasan logikanya dapat diberikan oleh sistem pakar dalam proses konsultasi.
2) Memberikan solusi tepat waktu 
Kadangkala manajer membutuhkan jawaban dari pkar, tetapi pakar yang dibutuhkan tidak berada ditempat, sehingga pengambilan keputusan menjadi terlambat. Dengan sistem pakar, jawaban yang dibutuhkan oleh manajer selalu tersedia setiap saat dibutuhkan.
3) Pelayanan konsumen lebih baik
Pelayanan yang lebih baik kepada konsumen dapat diberikan karena sistem pakar dapat memberikan jawaban yang lebih cepat dan tepat.
4) Menyimpan pengetahuan di organisasi
Pengetahuan pakar merupakan hal yang penting dan kadang kala pengetahuan ini akan hilang jika pakar telah keluar atau pensiun dari perusahaan. Dengan sistem pakar, pengetahuan dari pakar dapat disimpan di sistem pakar dan tersedia selama dibutuhkan.
Kekurangan-kekurangan dari sistem pakar adalah sebagai berikut:
1) Sistem pakar hanya dapat menangani pengetahuan yang konsisten
Sistem pakar dirancang dengan aturan-aturan yang hasilnya sudah pasti dan konsisten sesuai dengan alur diagram pohonnya. Untuk pengetahuan yang cepat berubah-ubah dari waktu ke waktu, maka knowledge base di sistem oakar harus selalu diubah, dan ini akan merepotkan sekali.
2) Sistem pakar tidak dapat menangani hal yang bersifat judgement
Sistem pakar memberikan hasil yang pasti, sehingga keputusan akhir pengambil keputusan jika melibatkan kebijaksanaan dan intuisi masih tetap ada di tangan manajemen.
3) Format knowledge base sistem pakar terbatas
Knowledge base di sistem pakar berisi aturan-aturan (rules) yang ditulis dalam bentuk statemen if-then. Format seperti misalnya pengetahuan dibuku teks atau pengetahuan berupa gambar dan grafik suli dibuat dalam bentuk if-then.
4) Aplikasi sistem pakar di bisnis sangat terbatas
Karena sifatnya yang konisten, sistem pakar hanya berguna untuk manajer menengah ke bawah.