Ramaja Harus Bijak Gunakan Medsos

Ramaja Harus Bijak Gunakan Medsos

Ramaja Harus Bijak Gunakan Medsos
Ramaja Harus Bijak Gunakan Medsos

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pendidikan Indonesia (LPPM UPI) mengadakan pelatihan Literasi Digital untuk Remaja. Kegiatan ini dilaksanakan pada Rabu, (5/9) di Gedung LPPM Lt. 4 Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Kegiatan ini digelar dengan tajuk Meningkatkan Kesadaran Remaja dalam Bermedia Sosial di Kota Bandung. Pelatihan Literasi Digital ini diikuti oleh 50 peserta yang berasal dari siswa SMP, SMA hingga Perguruan tinggi di kota Bandung.

Acara ini dibuka langsung oleh Prof. Dr. Cecep Darmawan, S. IP., S.Pd., M.Si., M.H yang sekaligus menjadi pemateri pertama mengatakan, literasi digital itu sangat penting bagi remaja yang dimana aktivitasnya tidak bisa lepas dari yang namanya teknologi komunikasi terutama media sosial. ujarnya.

Selain itu, Pemateri kedua Deni Yudiawan, S.Si., M.M yang merupakan praktisi

dalam literasi digital, menyoroti mengenai prilaku remaja dalam menggunakan media sosial. Sehingga, para remaja harus dituntut bijak dalam menggunakan media sosial. Temasuk melakukan proteksi data pribadi sebagai keamanan.

Pembahasan lainya yang mendapatkan perhatian audien adalah peserta saat membahas fitur-fitur google tidak diketahui oleh para penggunanya adalah sikap kehati-hatian jika ingin memposting informasi yang bersifat sensitif. Sebab, meski tidak sengaja atau sekedar xikut-ikutan membagikan konskuensinya akan bermasalah dengan hukum.

Menurutnya, pengguna medsos saat ini sangat mudah dilacak keneradaannya. Dengan begitu pengguna medsos harus lebih bijak dalam memposting statusnya.

Cecep Darmawan sebagai Ketua Peneliti menuturkan, Kegiatan ini terbagi 4 materi

di antaranya Dr. Ridwan Effendi, M.Ed, Hana Silvana, M.Si, Heni Nuraeni, M.Ikom. Seluruh peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini mengingat kegiatan ini tidak hanya sebatas pematerian saja. Akan tetapi tersedia juga simulasi dan praktik yang dapat menstimulasi peserta dalam memahami materi yang disampaikan seluruh pemateri.

Materi yang dibahas dalam seluruh kegiatan ini sangat menarik dan bermanfaat, Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini untuk memahami perilaku informasi, interaksi antar personal, literasi digital, serta memahami hukum dan etika dalam penggunaan media sosial pada remaja.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan penelitian yang didanai kemenristekdikti yang

telah dilaksanakan selama tiga tahun berturut-turut dan tahun ini merupakan tahun ke-3, dan diharapkan kegiatan ini terus berlanjut di tahun-tahun yang akan datang,” kata Cecep

 

Baca Juga :