Pupuk Kompos
By: Date: September 5, 2020 Categories: Buddiaya Tags:

Kompos merupakan salah satu pupuk organik yang dibuat dengan cara menguraikan sisa-sisa tumbuhan dan hewan dengan bantuan organisme hidup. Untuk membuat kompos, dibutuhkan bahan baku berupa bahan organik dan organisme pembusuk. Organisme busuk dapat berupa mikroorganisme dan makroorganisme.

Teknologi kompos dari proses penguraian bahan organik yang terjadi di alam bebas. Pembentukan humus di hutan merupakan salah satu contoh kompos alami. Prosesnya sangat lambat, bisa memakan waktu berbulan-bulan hingga bertahun-tahun. Kemudian umat manusia mengubah proses penguraian bahan organik tersebut. Sehingga kompos buatan manusia bisa dikerjakan dengan tempo yang lebih singkat.

Pupuk kompos mudah dibuat dan teknologinya mudah. Yang bisa dia lakukan, untuk meningkatkan kebutuhan bertani dan berkebun. Lihat cara membuat kompos untuk skala pertanian dan rumah tangga.

Table of Contents

Jenis kompos

Pengelompokan jenis kompos dapat dilihat dari tiga aspek. Pertama-tama diketahui dari proses pembuatannya, bahwa terdapat kompos aerob dan kompos anaerobik. Kedua, dilihat dari pengurai, sebagian kompos menggunakan mikroorganisme dan sebagian menggunakan aktivitas makroorganisme. Ketiga, terlihat dari bentuknya ada yang padat dan ada yang cair. Berikut beberapa contoh jenis kompos yang umum digunakan.

1. Pupuk kompos aerob
Pengomposan aerobik dilakukan melalui proses biokimia yang menggunakan oksigen. Bahan baku utama pembuatan kompos aerobik adalah limbah tanaman, kotoran hewan atau campuran keduanya. Proses pembuatannya memakan waktu 40-50 hari, untuk lebih jelasnya lihat cara membuat kompos. Lamanya penguraian tergantung pada jenis pengurai dan bahan baku pupuk.

2. Pupuk Bokashi
Pupuk bokashi merupakan salah satu jenis kompos anaerob yang paling populer. Ciri khusus dari pupuk bokashi adalah jenis inokulan yang digunakan sebagai starter, yaitu mikroorganisme efektif (EM4). Inokulasi ini mencakup campuran berbagai jenis mikroorganisme terpilih yang dapat menguraikan bahan organik dengan cepat dan efektif. Untuk mempelajari cara membuatnya, baca artikel kami tentang cara membuat pupuk bokashi.

3. Vermikompos
Vermikompos merupakan salah satu produk kompos yang menggunakan makroorganisme sebagai pengurai. Makroorganisme yang digunakan adalah cacing tanah dari jenis Lumbricus atau spesies lainnya. Vermikompos dibuat dengan memberikan bahan organik sebagai pakan cacing tanah. Kotoran yang tercipta menutupi tanah pertama yang disebut vermikompos. Jenis organisme lain yang dapat digunakan untuk membuat kompos adalah cacing (pasukan cacing hitam terbang).