Presiden Berpesan untuk Melakukan Bela Negara dengan Beragam Cara

Presiden Berpesan untuk Melakukan Bela Negara dengan Beragam Cara

Presiden Berpesan untuk Melakukan Bela Negara dengan Beragam Cara
Presiden Berpesan untuk Melakukan Bela Negara dengan Beragam Cara

Hari bela nagara dicanangkan untuk menghormati dan mengajak semua masyarakat agar mampu mempertahankan dan meningkatkan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Guna memperingati Hari Bela Negara yang jatuh pada 19 Desember, Presiden Republik Indonesia mengajak masyarakat Indonesia untuk bela negara dengan berbagai cara.

“Bela negara tidak hanya dilakukan dengan kekuatan fisik semata, namun harus

dilakukan melaui beragam upaya dan profesi,” ungkap Jokowi yang amanatnya dibacakan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil saat menjadi pembina upacara Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional yang dirangkaikan dengan Peringatan Hari Bela Negara dan Hari Nusantara Tingkat Provinsi Jawa Barat di Halaman Gedung Sate, Jalan Diponegoro Nomor 22, Kota Bandung, Rabu, 19 Desember 2018.

Dalam sambutan yang dibacakan Gubernur, Presiden menyebutkan bela negara adalah wadah penanda kontribusi segenap elemen masyarakat, termasuk di dunia usaha, pendidikan, media, tokoh muda dan agama adar mampu memberikan sumbangsih kepada negara melebihi penggilan tugas yang melebihi tanggung jawabanya. “Saya menyaksikan banyak aparat yang aktif di aaktivitas sosial, bekerja di daerah pelosok yang melampau tugasnya, banyak masyarakat yang mengajar meski bukan guru, banyak yang berkontribusi di dunia kesehatan meski mereka bukan praktisi kesehatan. Itu juga merupakan proses bela negara,” tutur Jokowi dalam sambutan tersebut.

Masih dalam sambutan yang sama, Jokowi pun mengatakan, tantangan kedepan

semakin kompleks, terlebih kemajuan teknologi komunikasi dan informasi. Bagaimana dua sisi mata uang, kemajuan tersebut menimbulkan sisi positif dan negatif. Namun, Dirinya optimis bangsa Indonesia mampu memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi dengan baik. “saya menyaksiskan banyak generasi muda yang mengajarkan berita baik dan menunjukan di media sosial. Banyak generasi muda yang menjadikan kemajuan teknologi sebagai  media untuk belajar dan memberdayakan ekonomi masyarakat,” ungkap Ridwan Kamil mengutip yang disampaikan Presiden Jokowi.

Lebih lanjut dalam sambutan tersebut, Jokowi pun menekan bahwa kesadaran bela

negara yang mengajarkan nilai-nilai luhur bangsa harus tertanam dalam jiwa dan dimaknai sejak dini melalui pendidikan dan aksi sosial di semua bidang.***

 

Sumber :

https://solopellico3p.com/sejarah-dinosaurus/