Permasalahan Komputer Hang Atau Error

Permasalahan Komputer Hang Atau Error

Permasalahan Komputer Hang Atau Error
Permasalahan Komputer Hang Atau Error

Berikut beberapa hal yang mungkin berharga untuk kita ketahui.
Fatal error adalah Sistem dimana telah menjadi tidak stabil atau sedang sibuk, Atau kalau ada Pesan Errornya seperti ini :
“”Enter to return to Windows or press Control-Alt-Delete to restart your computer. If you do this you will lose any unsaved information in all open applications.”

Nah sudah begitu Bingung kan!! Apa yang harus kita lakukan? Mungkin alangkah baiknya jika kita mengetahui apa yang terjadi pada kompie yang kita muliki satau-satunya itu .. (he..he..he.. maklum anak kost).. Mari kita bahas apa seh yang terjadi.. Yu mariiii…. :

1. Konflik Hardware
Alasan utama mengapa Windows crash adalah hardware konflik. Setiap perangkat berkomunikasi ke perangkat lain melalui interrupt request channel (IRQ). IRQ seharusnya unik untuk masing-masing perangkat.
Misalnya, printer biasanya terhubung secara internal pada IRQ 7. Keyboard biasanya menggunakan IRQ 1 dan floppy disk drive IRQ 6. Setiap perangkat akan mencoba untuk memonopoli sebuah IRQ tertentu untuk dirinya sendiri.
Jika terdapat banyak perangkat, atau jika tidak diinstal dengan benar, dua dari mereka mungkin saja berbagi IRQ nomor yang sama. Ketika pengguna mencoba untuk menggunakan kedua perangkat pada saat yang bersamaan, maka crash dapat terjadi.
Cara untuk memeriksa apakah komputer Anda memiliki hardware konflik adalah melalui langkah berikut:
* Start-Settings-Control Panel-System-Device Manager.
Seringkali jika sebuah perangkat memiliki masalah maka lambang ‘!’ kuning akan muncul di sebelah deskripsinya di Device Manager. Sorot Komputer (di Device Manager) dan tekan Properties untuk melihat nomor IRQ yang digunakan oleh komputer Anda. Jika IRQ nomor muncul dua kali, dua perangkat mungkin sedang menggunakan IRQ tersebut.
Kadang-kadang perangkat mungkin berbagi IRQ atau sesuatu yang juga dikenal sebagai ‘IRQ holder for PCI steering’. Hal ini dapat diabaikan. Cara terbaik untuk memperbaiki masalah ini adalah dengan menghapus (uninstall) perangkat tersebut dan menginstallnya kembali.
Kadang-kadang Anda mungkin harus mencari driver versi terbaru di internet untuk membuat suatu perangkat berfungsi dengan lebih baik. Salah satu source adalah http://www.driverguide.com.
Jika perangkatnya berupa Soundcard atau modem, sering bisa diselesaikan dengan memindahkannya ke slot yang berbeda di motherboard (namun berhati-hatilah saat membuka komputer Anda, karena anda dapat membatalkan garansi komputer anda).
Saat mengganti/memindahkan suatu hardware di dalam komputer Anda harus mematikan komputer tersebut dahulu, lepas konektor powernya dan sentuhkan benda dengan permukaan logam untuk membebaskan listrik statisnya.
Pada sistem Windows Microsoft, masalah dengan nomor IRQ ini bukanlah karena desain arsitekturnya. Namun merupakan warisan masalah dari desain PC pertama yang menggunakan IBM 8086 chip. Pada awalnya hanya terdapat delapan IRQs. Saat ini terdapat 16 IRQs di PC. Sehingga sangat mudah terjadi kekkurangan IRQ. Ada rencana untuk meningkatkan jumlah IRQs di desain masa mendatang.

Sumber : https://galleta.co.id/