Pengganti Susu Bubuk (Susu Kering)
By: Date: November 7, 2020 Categories: Umum Tags:

Susu bubuk, juga disebut susu kering, dibuat dengan menghilangkan kelembapan dari susu biasa, mengubahnya menjadi bubuk (1Trusted Source, 2).

Karena kadar airnya yang rendah, susu bubuk tidak harus disimpan di lemari es dan memiliki umur simpan yang lebih lama dibandingkan susu cair (3).

Jika dicampur dengan air, susu kering yang dilarutkan dapat digunakan sebagai pengganti susu biasa dalam resep favorit Anda. Namun, bedak juga bisa digunakan sendiri untuk membantu mengentalkan makanan berbahan cair, seperti sup dan saus.

Susu kering juga merupakan bahan umum dalam resep cokelat dan permen karamel di mana susu biasa akan membuat produk akhir menjadi terlalu encer.

Meskipun nyaman, Anda mungkin tidak selalu memiliki susu kering. Selain itu, karena terbuat dari susu sapi, susu bubuk tidak cocok untuk mereka yang menghindari produk susu karena alergi, intoleransi, atau preferensi pribadi.

Berikut 6 pengganti susu bubuk.

ziprashantzi / Getty Images

1. Susu biasa

Susu cair biasa adalah pengganti yang mudah untuk susu bubuk yang dilarutkan. Bagaimanapun, susu kering hanyalah padatan yang menguap dari susu biasa.

Manfaat utama menggunakan susu biasa adalah kandungan nutrisinya dan rasanya, keduanya akan serupa dengan susu bubuk (4Trusted Source, 5Trusted Source).

Satu cangkir (240 mL) susu utuh menyediakan (4Trusted Source):

  • Kalori: 149
  • Lemak: 8 gram
  • Protein: 8 gram
  • Karbohidrat: 12 gram
  • Kalsium: 20% dari Nilai Harian (DV)

Sebagai perbandingan, 1/4 cangkir (32 gram) susu bubuk lemak utuh mengandung (5Trusted Source):

  • Kalori: 159
  • Lemak: 8 gram
  • Protein: 8 gram
  • Karbohidrat: 12 gram
  • Kalsium: 22% dari DV

Namun, mengingat bahwa susu biasa juga akan menyumbangkan cairan ke dalam resep, gunakan hanya dalam resep yang membutuhkan air juga, seperti sup dan beberapa makanan yang dipanggang. Hindari penggunaan susu biasa dalam resep yang cairannya akan membuat produk akhir menjadi terlalu lembek atau basah.

Untuk setiap 1/4 cangkir (32 gram) susu bubuk, gantikan dengan 1 cangkir (240 mL) susu biasa. Anda juga sebaiknya mengurangi jumlah asli air yang diminta dalam resep sebesar 1 cangkir (240 mL).

Susu murni, lemak rendah lemak, dan tanpa lemak semuanya dapat digunakan sebagai pengganti susu bubuk. Perlu diketahui bahwa semakin tinggi kandungan lemak susu, semakin lembut dan kaya produk akhirnya.

Selain itu, untuk resep yang memerlukan bubuk buttermilk, sebaiknya gunakan buttermilk cair, karena asam dalam buttermilk akan memengaruhi tekstur dan rasa resep.

RINGKASAN
Susu cair biasa dapat diganti dengan susu bubuk dalam resep yang juga menyertakan air tambahan. Satu cangkir (240 mL) susu biasa dapat digunakan untuk setiap 1/4 cangkir (32 gram) susu bubuk.

2. Alternatif non-susu cair

Untuk membuat resep bebas susu atau vegan, Anda juga bisa menggunakan alternatif susu cair, seperti almond, oat, atau susu kedelai.

Seperti halnya menggunakan susu biasa, alternatif susu cair sebaiknya hanya digunakan untuk resep yang menggunakan susu bubuk dan air tambahan.

Substitusinya juga sama – 1 cangkir (240 mL) pengganti susu untuk setiap 1/4 cangkir (32 gram) susu kering dan 1 cangkir (240 mL) cairan dalam resep aslinya.

Untuk mengganti bubuk buttermilk, campurkan 1 cangkir (240 mL) pengganti susu dengan 1 sendok makan (15 mL) cuka atau jus lemon. Biarkan campuran tersebut selama 5–10 menit sebelum menambahkannya ke resep Anda.

Mengingat bahwa susu nabati menyediakan berbagai jenis dan jumlah nutrisi, serta rasa yang berbeda, menggantinya akan memengaruhi kandungan gizi dan rasa hidangan manis atau gurih Anda.

RINGKASAN
Susu nabati cair, seperti susu almond atau oat, dapat digunakan sebagai pengganti susu bubuk asalkan resepnya sudah meminta tambahan air. Gunakan 1 cangkir (240 mL) untuk setiap 1/4 cangkir (32 gram) susu bubuk.

Baca juga: