Pengertian Ekosistem
By: Date: September 5, 2020 Categories: Pendidikan,Umum Tags:

Ekosistem adalah suatu sistem ekologi yang dibentuk oleh hubungan timbal balik antara lingkungan hidup. Ekosistem dapat dimanfaatkan dengan terbentuknya kesatuan yang utuh dan utuh antara semua unsur lingkungan yang saling mempengaruhi.

Ekosistem adalah gabungan dari unit biosistem individu yang menggunakan interaksi timbal balik antara organisme dengan lingkungan fisik aliran energi yang mempengaruhi struktur biotik tertentu dan terdapat siklus material antara organisme dan anorganisme. Matahari adalah sumber dari semua energi yang tersedia.

Dalam ekosistem, organisme dalam masyarakat berkembang bersama dengan lingkungan fisik sebagai suatu sistem. Organisme akan beradaptasi dengan lingkungan fisiknya, disamping itu organisme juga akan beradaptasi dengan lingkungan fisik lingkungan untuk kebutuhan hidupnya.

Pengertian tersebut didasarkan pada Hipotesis Gaia, yaitu: “organisme, khususnya mikroorganisme, bersama dengan lingkungan fisik yang diciptakan oleh sistem kendali yang menjadikan bumi di bumi cocok untuk kehidupan”. berbeda dengan planet lain di tata surya.

Keberadaan, kelimpahan dan sebaran spesies dalam ekosistem ditentukan oleh ketersediaan sumber daya serta faktor kondisi kimia dan fisik yang harus berada dalam kisaran yang dapat ditolerir oleh spesies tersebut, hal ini disebut dengan hukum toleransi.

Contoh: Panda memiliki toleransi yang tinggi terhadap suhu, tetapi toleransi yang sempit terhadap makanan yaitu bambu.

Dengan demikian, panda dapat bertahan hidup dalam ekosistem dalam keadaan apapun jika bambu berada dalam ekosistem tersebut sebagai sumber makanan. Berbeda dengan makhluk hidup lainnya, manusia dapat mengembangkan toleransi karena kemampuannya untuk berpikir, mengembangkan teknologi, dan menipu alam.

Sumber: https://blog.malavida.co.id

Ekosistem Komponen

Ekosistem terdiri dari dua komponen utama, yaitu:

Komponen abiotik

Komponen abiotik adalah komponen ekosistem yang terdiri dari bahan mati atau mati, meliputi:

Tanah
Sifat fisik tanah berdampak pada ekosistem dengan menggunakan tekstur, kematangan, dan ketahanan udara.

Udhara
Persiapan udara di permukaan bumi untuk kehidupan dan hewan. Yang penting dalam udara hidup adalah suhu udara, kandungan udara mineral, salinitas, aliran udara, penguapan, dan kedalaman udara.

Udhara
Udara adalah lingkungan abiotik yang berupa gas-gas atmosfer yang melingkupi makhluk hidup. Oksigen, karbon dioksida, dan nitrogen adalah gas terpenting bagi makhluk hidup.

Sinar matahari
Sinar matahari merupakan sumber energi utama bagi kehidupan di bumi ini. Salah satu faktor utama yang dibutuhkan untuk proses fotosintesis.

Temperatur atau temperatur
Setiap makhluk hidup memiliki suhu optimal untuk aktivitas metabolisme dan reproduksinya.

Komponen Biotik

Komponen biotik adalah komponen ekosistem yang terdiri dari makhluk hidup termasuk tumbuhan, hewan, dan manusia. Cara komponen biotik bergabung dalam ekosistem dibagi menjadi tiga, yaitu:

Produsen
Mereka adalah makhluk hidup yang dapat menghasilkan makanannya sendiri di bawah sinar matahari melalui proses fotosintesis.

Contoh: semua tumbuhan hijau

Konsumen
Menjadi makhluk hidup yang tidak mampu membuat makanan sendiri dan menggunakan pangan yang diproduksi oleh produsen secara langsung maupun tidak langsung.