Ordo Crocodilia/Loricata
By: Date: July 16, 2020 Categories: Umum

Ordo Crocodilia/Loricata

Tubuh panjang, kepala besar dan runcing, rahang kuat dan gigi tumpul. Kaki pendek dengan jari-jari berselaput tebal, ekor panjang, kulit tebal, jantung terbagi atas 4 ruangan terpisah. Ovipar, telinga berlubang kecil.

Contoh :Crocodilus Americanus.

Klasifikasi Crocodylus porosus

Kingdom : Animalia

Phylum : Chordata

Class : Reptilia

Ordo : Crocodylia

Famili : Crocodylidae

Genus : Crocodylus

Species : Crocodylus porosus

  1. Ordo Rhynchocepholia

Yang masih hidup sampai sekarang mempunyai bentuk serupa kadal, berkulit tanduk dan bersisik, bergranula, punggungnya berduri pendek. Tulang rahangnya mudah digerakkan. Contoh yang masih hidup di Australia.
Contoh :Sphenodon punctatum (tuatara).

Klasifikasi Sphenodon punctatum

Kingdom : Animalia

Phylum : Chordata

Kelas : Reptilia

Ordo : Rhynchocepholia

Famili : Rhynchocepholidae

Genus : Sphenodon

Species : Sphenodon punctatum

Sistem Pencernaan Reptilia

Pada umumnya Reptil adalah karnivora (pemakan daging). Reptil tidak mengunyah makanan mereka. Reptil karnivora menelan binatang-binatang kecil dan serangga utuh tanpa masticating, sedangkan reptil herbivora menghadapi masalah yang sama, hanya dengan tanaman. Mencerna binatang utuh, tulang, bulu dan semua, dapat menjadi beban pada sistem pencernaanSaluran pencernaan terdiri dari mulut, kerongkongan, lambung, usus, dan kloaka. Kelenjar pencernaan terdiri atas kelenjar ludah, pankreas dan hati.

  1. Rongga mulut, disokong oleh rahang atas dan rahang bawah. Pada masing-masing rahang terdapat gigi-gigi yang terbentuk kerucut. Gigi menempel pada gusi dan sedikit melengkung kearah rongga mulut. Khususnya pada ular berbisa akan tumbuh gigi yang dapat menghasilkan racun yang terdapat pada rongga mulut. Pada buaya giginya bisa mengalami 50 kali pergantian. Pada reptile tidak mengunyah makanannya jadi giginya berfungsi sebagai penangkap mangsa. Pada rongga mulut terdapat lidah yang melekat pada tulang lidah dengan ujung bercabang dua. Pada Reptilian pemakan insecta memiliki lidah yang dapat dijulurkan, sedangkan pada buaya dan kura-kura lidahnya relative kecil dan tidak dapat dijulurkan. Lidah ular berbentuk pembuluh yang terbungkus oleh selaput dan terletak dibagian rahang bawah. Memiliki kelenjar mukoid yang sekretnya berfungsi agar rongga mulut tetap basah dan dapat dengan mudah menelan mangsanya. Pada ular kelenjar labia bermodifikasi menjadi kelenjar poison yang bermuara di kantung yang terletak di daerah gigi taring dan dikeluarkan melalui gigi tersebut.

Sumber: https://pendidikan.co.id/jasa-penulis-artikel/