Nilai-Nilai Karakter untuk Keteladanan

Nilai-Nilai Karakter untuk Keteladanan

Nilai-Nilai Karakter untuk Keteladanan
Nilai-Nilai Karakter untuk Keteladanan

“Menjadi seorang guru merupakan profesi yang sangat berat, karena tugas guru tidak hanya sekedar mengajar pelajaran akademik di sekolah, namun juga membentuk karakter siswa supaya mereka mempunyai karakter yang baik” ujar Pak Wid yang juga seorang guru di SMA 5 Semarang, Sabtu (10/05).

Dilanjutkannya, “Saya mengalami banyak hal yang berbeda tiap tahun, bertemu dengan anak-anak yang berbeda karakter, sifat, dan perilaku membuatnya menjadi lebih berwarna. Terutama menjadi guru membuat saya lebih bebas mengekspresikan emosi saya, saya bisa tertawa bebas dikelas, melucu dikelas, dan jika ada anak yang kurang sopan saya boleh saja memperingatkannya bahkan memarahinya, menurut saya itu tidak masalah jika saya tidak memukul anak tersebut” tambah Pak Wid.

Berikut adalah contoh bopen Pak Wid sebagai tugas siswa:

Itulah contoh hasil proses pembelajaran yang saya laksanakan dengan konsep memberikan teladan langsung dan dengan cara belajar dari tokoh atau narasumber secara langsung.

Artikel ini merupakan hasil kajian dari pelaksanaan pembelajaran di sekolah dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Negeri 5 Semarang. Tujuan penulisan ini yaitu untuk menunjukan bahwa biografi pendek dapat dijadikan sebagai media pembelajaran berbasis karakter berdasarkan civic disposition. Biografi yang selama ini kita kenal melalui media massa dan buku dapat digunakan sebagai media untuk membelajarkan nilai-nilai karakter dalam kegiatan apresiasi dan inklusi. Selama ini nilai-nilai karakter lebih banyak diperoleh dari cerita atau perintah guru dan membaca buku sehingga dirasa ada yang kurang dalam pembelajaran.

Oleh karena itu, nilai-nilai karakter dalam biografi pendek yang diperoleh secara langsung ataupun tidak langsung melalui kegiatan pembelajaran dengan cara mempelajari buku referensi dan atau wawancara langsung secara mendalam akan menimbulkan empati untuk meniru atau mengembangkannya. Peserta didik dapat dengan mudah menemukan dan mempraktikan nilai-nilai karakter, dan mengungkapkan kembali dengan cerita langsung dalam penyajiannya kepada teman-temannya.

Disini peserta didik diharapkan mampu meresapi dan meyakini bahwa nilai-nilai karakter telah terbukti membuat orang sukses atau berhasil. Kesuksesan atau keberhasilan akan diperoleh dengan perjuangan yang diliputi keyakinan dan motivasi serta keuletan menghadapi tantangan hidup. Akhirnya tujuan peserta didik menjadi insan yang berarakter berdasarkan nilai-nilai kewarganegaraan dapat tercapai. Semoga langkah pembelajaran ini dapat menjadi sesuatu yang berharga dalam berpartisipasi mewujudkan generasi emas 2045 melalui pendidikan yang bermutu.

Sumber : https://downloadapk.co.id/