Kualitas Guru Mesti Ditingkatkan

Kualitas Guru Mesti Ditingkatkan

Kualitas Guru Mesti Ditingkatkan
Kualitas Guru Mesti Ditingkatkan

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mewacanakan

penghapusan UN pada 2021. Nantinya, kelulusan siswa akan diserahkan oleh pihak sekolah melalui assessment (penilaian) kompetensi minimum dan survei karakter.

Dengan wacana ini, maka kualitas guru mesti ditingkatkan agar dapat menghasilkan siswa sesuai kriteria kelulusan. Kepala SMKN 7 Kota Bekasi Lusharyan Wanturol berpendapat, adanya wacana tersebut, maka sistem mengajar yang diberikan oleh guru harus memenuhi sistem penjaminan mutu internal (SPMI). Mulai dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi penilayan kepada siswa.

”Assessment yang diberikan sepenuhnya kepada sekolah, membuat kita harus

benar-benar memberikan sistem pendidikan yang bermutu dan memiliki kualifikasi yang sesuai dengan kompetensi keahlian siswa,” kata Lusharyan, Rabu (25/12).

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah bidang Humas SMPN 9 Kota Bekasi Yafitson Zein berpendapat, assessment kompetensi minimum dan survei karakter penting diterapkan.

Lebih lanjut, Yafitson mengatakan, guru juga mesti diberikan tambahan pelatihan agar tercipta ilmu pengetahuan yang sesuai dengan kebutuhan kualitas tuntutan di era 4.0 serta fasilitas sarana prasana untuk menunjang guru agar bisa berinovasi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Dua hal ini dianggap penting guna mendapatkan kualitas pendidikan yang baik.

 

”Kualitas siswa diawali dengan kualitas guru, jika ingin memiliki siswa yang

berkualitas maka kita harus memiliki guru yang berkualitas juga. Maka dari itu pemerintah juga harus siap memberikan pelatihan yang cukup untuk guru,” pungkasnya

 

Baca Juga :