Kesalahan di Facebook mematahkan Spotify, Venmo, TikTok, dan aplikasi iPhone lainnya
By: Date: May 14, 2020 Categories: Uncategorized

Kesalahan di Facebook mematahkan Spotify, Venmo, TikTok, dan aplikasi iPhone lainnya

Kesalahan di Facebook mematahkan Spotify, Venmo, TikTok, dan aplikasi iPhone lainnya

Kesalahan di Facebook mematahkan Spotify, Venmo, TikTok, dan aplikasi iPhone lainnya

Pengguna berbagai aplikasi iPhone populer seperti Spotify, Venmo, Tinder, TikTok,

DoorDash, dan Pinterest mengalami crash aplikasi terus-menerus sebagai akibat dari bug di SDK Facebook minggu ini. Laporan kecelakaan mulai datang sekitar pukul 6:30 sore di Timur kemarin, tetapi masalah tersebut telah diselesaikan.

Tidak lama setelah masalah muncul, terungkap telah disebabkan oleh perubahan sisi server oleh Facebook. “Rilis baru Facebook termasuk perubahan yang memicu crash untuk beberapa pengguna di beberapa aplikasi menggunakan Facebook iOS SDK. Kami mengidentifikasi masalah dengan cepat dan menyelesaikannya. Kami meminta maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi,” kata juru bicara Facebook kepada The Verge.

Bacaan lebih lanjut
Apple mencabut sertifikat pengembang Facebook melalui aplikasi pengintai data — Google bisa menjadi yang berikutnya
Facebook SDK disertakan dalam aplikasi oleh pengembang karena sejumlah alasan, dari menawarkan akses tunggal menggunakan akun Facebook pengguna hingga mengaktifkan metrik canggih untuk iklan Facebook. Aplikasi berusaha untuk berkomunikasi dengan server Facebook dan crash sebagai hasilnya. Kecelakaan terjadi bahkan jika pengguna tidak masuk ke Facebook, tidak memiliki aplikasi yang dibuat oleh Facebook diinstal, atau tidak menggunakan fitur terkait Facebook apa pun di aplikasi yang terpengaruh.

Banyak pengguna tidak menyadari bahwa Facebook SDK termasuk dalam — dan

sering mengumpulkan data di dalam — sebagian besar aplikasi favorit mereka atau bahwa aplikasi seperti Spotify memeriksa dengan server Facebook. Namun, pelaporan yang meluas tentang masalah ini membuat lebih banyak pengguna mengungkap fakta itu, dan itu menyebabkan kemarahan di platform media sosial.

Pengembang juga marah. Utas GitHub diisi dengan laporan dari pengembang yang aplikasi dan penggunanya terpengaruh. “Untuk menghentikan crash dari SDK Facebook, beberapa pengembang mencoba mengomentari kode apa pun yang memanggil Facebook,” kata pengembang Halide Ben Sandofsky di Twitter. “Tidak ada yang berhasil.”

Pengembang frustrasi karena upaya mereka untuk menyelesaikan masalah sendiri tidak membuahkan hasil. Satu-satunya solusi yang tersedia bagi mereka adalah menunggu di Facebook.

Ini bukan pertama kalinya Facebook menyebabkan masalah dalam ekosistem aplikasi

iOS. Sebagai contoh, pada awal 2019 Apple untuk sementara mencabut sertifikat pengembang Facebook atas penggunaan yang terakhir dari suatu aplikasi yang secara diam-diam mengumpulkan data tentang penggunaan aplikasi oleh pengguna — bahkan aplikasi yang tidak dibuat oleh Facebook — untuk membantu Facebook mencapai pemahaman yang lebih besar tentang para pesaingnya dan membangun aplikasi dan pengalaman yang bersaing.

“Tolong gerakkan lebih lambat dan hancurkan barang-barang lebih sedikit,” kata pengguna lucas-tl di utas GitHub, mengejek moto lama Facebook untuk “bergerak cepat dan merusak barang-barang.”

Baca Juga: