Jaga Kebersihan Vagina Saat Mendaki Gunung
By: Date: July 26, 2020 Categories: Kesehatan Tags:

Bagi wanita yang suka mendaki gunung, bisa sulit buang air kecil karena kekurangan air. Akibatnya, tidak jarang terus kencing karena khawatir air tidak akan bersih. Jadi kondisi ini tidak banyak berpengaruh, ada beberapa cara untuk menjaga kebersihan vagina di pegunungan.

Tips menjaga kebersihan vagina di pegunungan

mereka memanjat gunung
Menurut situs web Departemen Dalam Negeri AS, menjaga kebersihan gunung vagina adalah masalah penting. Terutama ketika kebersihan melibatkan area sensitif, seperti kewanitaan Anda.

Ini karena ketika Anda berada di alam liar dan jauh dari rumah, risiko sakit jauh lebih tinggi karena lingkungan yang tidak dikenal. Dari infeksi bakteri, infeksi saluran kemih, hingga reaksi alergi yang rentan terhadap gunung.

Jadi risiko dari ketiga masalah ini tidak besar, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk menjaga kebersihan vagina di pegunungan, seperti:

1. Jaringan basah untuk menjaga kebersihan vagina di pegunungan

Sumber: Wood Huger
Salah satu hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kebersihan vagina adalah jaringan yang mengganggu.

Karena akan naik untuk waktu yang lama dan Anda tidak tahu apakah ada air bersih atau tidak, lap basah akan membantu Anda untuk mengatasi masalah tersebut.

Cobalah untuk memilih tisu basah yang lembut dan tidak berbau untuk mengurangi potensi iritasi pada vagina.

Jika ragu, agar aman, Anda bisa memilih tisu bayi basah. Menurut Global Health Study for Pediatrics, ada beberapa hal yang harus dicari ketika memilih jaringan basah, terutama bahan-bahannya.

Bebas alkohol umumnya mencegah iritasi kulit.
Ini mengandung sejumlah kecil pH asam yang membantu menetralkan iritasi selama buang air besar.
Santai atau lebih lembut, karena mengurangi gesekan antara kulit dan senyawa dalam jaringan.
Meski dirancang khusus untuk bayi, wanita dewasa tetap bisa memanfaatkan tisu bayi basah. Karena itu, ketika mendaki gunung, sudah biasa untuk selalu memakai sapu tangan basah jika tidak ada air bersih di tempat perkemahan Anda.

2. Perban dalam cangkir menstruasi untuk menjaga kebersihan vagina gunung

cara menggunakan cangkir menstruasi
Selain tisu basah, barang lain yang diperlukan untuk menjaga kebersihan vagina di gunung adalah pembalut atau barang serupa, seperti tampon dan cangkir menstruasi.

Item ini selalu harus dimiliki, terutama ketika tanggal menstruasi Anda dekat ketika Anda mendaki gunung.

Jika Anda mengenakan pembalut atau tampon, pastikan untuk memasukkan pembungkus, seperti kantong plastik atau kantong sampah. Ini dirancang untuk membawa bantalan sebelumnya dan tidak menambahkan sampah di gunung.

Jika Anda tidak menyukai pembalut yang sebelumnya Anda kenakan, mungkin opsi yang dapat Anda gunakan adalah cangkir menstruasi.

Cawan menstruasi biasanya dirancang agar ramah lingkungan dan dapat digunakan kembali. Selain itu, alat haid ini juga tidak mengeluarkan bau yang tidak sedap seperti pembalut atau tampon.

Padahal, seperti dilansir Cleveland Clinic, pH dan bakteri baik di vagina tetap seimbang. Karena itu, disarankan untuk menggunakan cangkir menstruasi saat mendaki gunung, sehingga risiko infeksi bakteri di vagina tidak begitu tinggi.

Baca juga: