Globalisasi Di Bidang Politik
By: Date: August 19, 2020 Categories: Pendidikan,Umum Tags:

Pengertian Globalisasi berasal dari kata (global) yang mempunyai arti atau makna universal. Globalisasi memang tidak memiliki definisi definisi, selain dari definisi proyek (working definition) yang dituntut bisa dilihat orang lain.

Pahami Globalisasi dan Politik

Globalisasi
Kata “globalisasi” berasal dari kata global yang artinya universal. Globalisasi belum memiliki definisi yang baik, menggunakan beberapa definisi pekerjaan (job definition), perlu dari sisi mana Anda melihat. Beberapa melihatnya sebagai proses sosial, atau proses sejarah, atau proses alami yang akan memperbudak semua bangsa dan bangsa di dunia, menciptakan tatanan kehidupan baru atau bekerja sama dengan menghilangkan batas geografis, ekonomi dan budaya. masyarakat. Dan Globalisasi juga merupakan proses yang komprehensif di berbagai daerah sehingga tidak terlihat batas-batas, sulit untuk disaring atau dikendalikan.

politik
Arti dari politik sendiri adalah, politik berasal dari bahasa Yunani “polisi” yang artinya Negara kota, pada awalnya politik berkaitan dengan berbagai aktivitas dalam bernegara / bernegara. Istilah politik dalam konstitusi berkaitan dengan prosedur pemerintahan, kebijakan dasar pemerintahan, berbagai aspek kekuasaan negara. Politik adalah tentang mencapai tujuan komunitas, bukan tujuan pribadi. Politik biasa meliputi kegiatan partai politik, tentara dan organisasi militer. Yang dapat disimpulkan secara politis adalah interaksi antara pemerintah dan masyarakat dalam kerangka proses pengambilan keputusan dan pengambilan keputusan yang mengikat tentang kepentingan bersama masyarakat yang tinggal di suatu wilayah tertentu.

Sumber: blog.malavida.co.id

Memahami Globalisasi Politik

Globalisasi politik adalah proses memasuki pola atau nilai yang diterima secara universal untuk mewujudkan reformasi dan profitabilitas dalam politik, seperti kerja sama politik antar negara dengan membentuk organisasi internasional multilateral. Globalisasi politik juga disebut pemerintahan global.

Pentingnya Globalisasi dalam Politik

Globalisasi memegang peranan penting bagi kelangsungan hidup bangsa Indonesia karena dapat membantu masyarakat dalam upayanya mencapai kesejahteraan. Peran globalisasi dapat dilihat dari bidang Politik.

Dengan globalisasi Indonesia dapat berkomunikasi dan berkoordinasi antar daerah atau antara pemerintah dan masyarakat di berbagai daerah. Berbagai pejabat pemerintah dapat langsung menjangkau masyarakat dan masyarakat dapat memberikan atau memberikan berbagai tanggapan dan aspirasi terhadap kebijakan tersebut. Artinya, lahirnya pemerintahan demokratis yang transparan, bersih, dan berwibawa. Dengan adanya globalisasi berbagai sarana hukum dan pelaksanaan hak asasi manusia dapat diakses oleh masyarakat luas dan dunia internasional. Ini tetap menjadi alat kontrol atau pengawasan untuk menegakkan hak asasi manusia.