Equnix Dorong Mahasiswa Jadi Technopreneur

Equnix Dorong Mahasiswa Jadi Technopreneur

Equnix Dorong Mahasiswa Jadi Technopreneur
Equnix Dorong Mahasiswa Jadi Technopreneur

Menyiasati kompetisi dalam era Revolusi Industri 4.0, PT Equnix Business Solution sebagai perusahaan penyedia teknologi database open source asal Indonesia, menggelar kampanye di tiga kampus di Yogyakarta, yakni Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

CEO PT Equnix Business Solution, Julyanto Sutandang, mengatakan pihaknya mengajak mahasiswa jurusan Teknologi Informatika (TI) untuk menangkap peluang menjadi technopreneur.

“Dalam era revolusi industri 4.0, penguasaan open source harus benar-benar

diperhatikan. Selama ini, Indonesia menjadi pasar selancar internet yang besar, namun belum mandiri dan berdaulat secara teknologi,” kata Julyanto di Yogyakarta, Sabtu (24/11).

Baca Juga: Penggunaan Kode Sumber Terbuka Dukung Penerapan SPBE

Menurutnya, dengan mengkampanyekan sekaligus memberikan edukasi dan sosialisasi pada mahasiswa, diharapkan masyarakat Indonesia tidak lagi tergantung vendor asing.

“Kampanye di kampus-kampus dilakukan untuk mengatasi kegelisahan kurangnya

Sumber Daya Manusia (SDM) yang menjadi ahli di bidang open source. Pasalnya, open source ini siapa saja bisa pakai. Ibaratnya, seperti udara tapi kita bisa membantu pengguna untuk memaksimalkan kinerja dan mengesiensi layanan,” tambahnya.

Julyanto menambahkan, software atau perangkat lunak berbasis open source saat ini menjadi alternatif menarik dibandingkan dengan perangkat lunak komersial berlisensi yang cenderung memonopoli pasar.

“Monopoli perangkat lunak ini kontra produktif. Terutama dalam model pasar yang

bebas, karena tidak adanya persaingan yang sehat sehingga efisiensi menjadi rendah dan hampir tidak ada ruang negosiasi untuk menghemat biaya dan meningkatkan layanan,” tegasnya.

 

Baca Juga :