Dunia Islam Di Tengah Globalisasi
By: Date: May 13, 2020 Categories: Pendidikan
Dunia Islam Di Tengah Globalisasi

Dunia Islam Di Tengah Globalisasi

Dunia Islam Di Tengah Globalisasi

Tulisan ini membahas bagaimana Islam menganalisa ataupun memahami

gagasan-gagasan globalisasi. Pertanyaan yang mendasar dalam tulisan ini adalah apakah Islam menerima globalisasi. Ketika berbicara globalisasi maka yang terlintas dalam pemikiran kita adalah borderless world. Semua negara bebas untuk melakukan kerjasama dengan negara mana pun dan batas negara bukan penghambat untuk melakukan kegiatan kerjasama. Banyak sekali pemahaman tentang globalisasi yang ditanggapi dengan pendekatan yang berbeda-beda. Namun secara umum istilah globalisasi mengindikasikan bahwa dunia adalah sebuah kontinuitas lingkungan yang terkonstruksi sebagai kesatuan utuh.
Marshall McLuhans menyebut dunia yang diliputi kesadaran globalisasi dengan istilah global village. Dunia menjadi sangat transparan sehingga seolah tanpa batas administrasi suatu negara. Batas-batas geografis suatu negara menjadi kabur. Globalisasi membuat negara menjadi transparan akibat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat.
Tulisan ini akan membedah pandangan Islam terhadap globalisasi terkait dengan bagaimana Islam menganalisa demokrasi, modernisasi hingga persoalan terorisme global.

Penjabaran tulisan ini juga akan memasukkan perdebatan-perdebatan yang terjadi dalam kaitannya dengan globalisasi. Mengawali tulisan ini akan dijelaskan globalisasi sebagai proses politik. Hal ini bertujuan untuk menjelaskan globalisasi yang muncul sebagai sebuah proses politik, yang nantinya akan dikaitkan bagaimana Islam melihat globalisasi.


Baca Juga :