Definisi Kepemimpinan
By: Date: August 7, 2020 Categories: Buddiaya
Definisi Kepemimpinan

Definisi Kepemimpinan

            Dalam bahasa Indonesia “pemimpin” sering disebut penghulu, pemuka, pelopor, pembina, panutan, pembimbing, pengurus, penggerak, ketua, kepala, penuntun, raja, tua-tua, dan sebagainya. Sedangkan istilah Memimpin digunakan dalam konteks hasil penggunaan peran seseorang berkaitan dengan kemampuannya mempengaruhi orang lain dengan berbagai cara. Istilah kepemimpinan, pimpinan, dan memimpin pada mulanya berasal dari kata dasar yang sama “pimpin”. Namun demikian ketiganya digunakan dalam konteks yang berbeda. Sementara itu, di bawah ini ada beberapa pendapat para ahli yang mendefinisikan kepemimpinan yaitu:

–       Menurut G.R. Terry, kepemimpinan adalah efektifitas mempengaruhi orang lain agar dengan sukarela menuju kenyataan tujuan.

–       Menurut Jhon P. Fiffner, kepemimpinan merupakan suatu seni mengkoordinasikan dan mengarahkan indifidu maupun kelompok untuk mencapai tujuan yang telah dikehendaki.

–       Sedangkan menurut Ordway Tead, kepemimpinan adalah efektifitas memoengaruhi orang lain untuk bekerja sama untuk menuju kesatu tujuan yang mereka inginkan…

Sementara itu terdapat beberapa pengertian tentang pemimpin dan menurut para ahli, yaitu sebagai berikut:

 adalah suatu proses mempengaruhi orang lain baik secara indifidu maupun secara kelompok untuk saling berkoordinasi atau bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan yang telah di tentukan atau yang di inginkanya. Sementara itu pemimpin adalah orang yang mempengaruhi orang lain dengan wewenangnya untuk bekerja dengan baik dalam rangka mencapai tujuan organisasi.

  1. Teori Lahirnya Kepemimpinan

Berikut ini terdapat beberapa teori tentang lahirnya kepemimpinan, yaitu sebagai berikut:

–       Teori Genetik, Teori ini menjelaskan bahwasanya  seseorang itu menjadi pemimpin, karena sejak lahir dia telah memiliki bakat sebagai seorang pemimpin dan memang ditakdirkan sebagai pemimpin.

 

Recent Posts