Cara Membuat Pisang Bakar
By: Date: August 7, 2020 Categories: Umum
Cara Membuat Pisang Bakar

Cara Membuat Pisang BakarCara Membuat Pisang Bakar

Rasa nikmat pisang bukan lagi rahasia. Buah dengan warna kuning cerah ini memang memiliki rasa yang khas. Istmewanya, pisang nikmat dimakan secara langsung atau setelah diolah. Ada beragam jenis olahan pisang. Salah satu yang sedang digemari berbagai kalangan adalah jenis pisang bakar. Kuliner yang satu ini banyak dijumpai di berbagai spot jajanan di berbagai kota. Tak hanya di Indonesia loh, tapi di belahan dunia lainnya. Pada dasarnya, cara membuat pisang bakar cukup mudah. Anda pun bisa meraciknya dari dapur. Dengan sedikit kreatifitas, pisang bakar nikmat akan tersaji. Berikut resep pisang bakar yang layak dicoba.

Pisang Bakar Keju

Salah satu jenis pisang yang digemari adalah pisang bakar keju. Cara membuat pisang bakar ini cukup mudah, berikut bahan-bahan yang diperlukan:
Pisang matang sebanyak 10 buah. Rekomendasi jenis pisang yang nikmat dipakai adalah Pisang Ambon.
Mentega sebanyak 3 sendok makan.
Kerju sebanyak 100 gram. Parut.

Bahan untuk saus:
Gula pasir sebanyak 150 gram.
Krim kental sebanyak 50 mililiter
Mentega sebanyak 1 sendok makan.

Cara Membuat

Pertama, siapkan saus caramel. Caranya mudah, panaskan gula di dalam panci. Pastikan api kecil sehingga gula menjadi caramel secara sempurna. Selanjutnya, masukkan krim kental juga mentega. Terus aduk sampai semua tercampur sempurna. Angkat dan simpan di wadah.

Buka pisang yang hendak dibakar. Anda bisa membagi dua pisang tersebut secara sempurna, bisa juga dibelah dua tapi tidak terpisah seperti pada pisang kipas, atau juga bisa membakarnya secara utuh tanpa dibelah. Jangan lupa sebelum dibakar, baik itu di wajan atau di alat pemanggang, pisang diolesi dengan margarine terlebih dahulu. Setelah kecoklatan, angkat pisang dan simpan di piring. Setelah itu, taburi keju di atasnya dan baluri dengan saus caramel yang telah dibuat tadi. Mudah bukan? Nikmat saat hangat!

Pisang Bakar Ice Cream Dengan Saus Coklat

Salah satu resep pisang bakar lainnya yang wajib dicoba adalah pisang bakar ice cream dengan saus coklat. Adapun cara membuat pisang bakat yang satu ini sebagai berikut.

Siapkan bahan-bahan, antara lain:
Pisang sebanyak 5 buah atau sesuai yang Anda butuhkan.
Ice cream di dalam kemasan. Pilihan rasa bisa Anda sesuaikan dengan selera. Rekomendasi terbaik adalah vanilla.
Margarin secukupnya.
Untuk saus coklat, bisa dibeli langsung atau dibuat di rumah. Adapun bahan untuk membut saus coklat adalah coklat batangan dan krim kental. Potong-potong coklat batang dan campur dengan krim kental kemudian stim beberama menit hingga kental.

Cara Membuat Pisang Bakar Ice Cream

Kupas kulit pisang dan belah dua. Setelah itu baluri dengan margarine dan selanjutnya dibakar di atas wajan atau di pemanggang khusus. Setelah pisang coklat merata, angkat dan sajikan di piring. Tambahkan saus kental coklat yang telah dibuat tadi. Terakhir, ambil 1 skup ice cream dan taruh di atas pisang bakar. Perpaduan hangat pisang dan dingin es krim membuat pisan ini sangat digilai!

Sumber: https://montir.co.id/