Sejarah Telekomunikasi di Indonesia

Sejarah Telekomunikasi di Indonesia

Sejarah Telekomunikasi di Indonesia
Sejarah Telekomunikasi di Indonesia

Sejarah telekomunikasi di Indonesia bermula saat telegraph

diperkenalkan pada tanggal 23 Oktober 1855 oleh pemerintah Hindia Belanda, yaitu berupa telegraph elektro magnit yang menghubungkan Batavia (Jakarta) dan Buitezorg (Bogor). Dua tahun kemudian dibuka saluran Jakarta-surabaya dengan cabang Semarang-Ambarawa. Sejak itu jasa telegraph dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas. Dua tahun kemudian panjang saluran telegraph berkembang terus sehingga mencapai 2.700 kilometer, dilayani oleh 28 kantor telegraph. Di sepanjang rel kereta api didirikan tiang-tiang telegraph. Sementara itu kabel laut telah terpasang antara Jakarta dan Singapura, selanjutnya dari jawa (Banyuwangi ) ke Australia (Darwin).

Keberadaan telekomunikasi sangat berperan di Indonesia. Hal ini bisa di refleksikan ketika mengumumkan kemerdekaan Indonesia. Berbagai media komunikasi digunakan untuk menyebarkan kabar kemerdekaan mulai dari surat, telegram, berita di Koran/bulletin hingga telephone dan yang terpenting adalah siaran lewat RRI. Telekomunikasi menjadi bagian penting dalam sejarah Indonesia. Mulai dari zaman revolusi hingga kemerdekaan kemudian berkembang di zaman orde lama dan mengalami kemajuan pesat di zaman orde baru yang di tandai dengan peluncuran satelit Palapa 1 tahun 1976. Saat itu sempat terjadi pro kontra tapi pada akhirnya harus di akui satelit Palapa banyak memberikan manfaat.

Telekomunikasi Saat Ini

Kehadiran internet membawa perubahan yang sangat besar bagi dunia telekomunikasi. Saat ini jutaan computer telah terhubung ke jaringan internet dan menyediakan sangat banyak informasi yang bias diakses kapan saja di seluruh dunia. Berbagai aplikasi berbasis internet sudah banyak digunakan, seperti e-commerce, e-learning, video conference, e-government, dan sebagainya. Dengan demikian banyak sumber informasi di internet, maka muncullah berbagai mesin pencari (search engine) yang sangat memudahkan pengguna internet dalam menemukan sumber informasi yang di butuhkan. Yahoo dan google adalah search engine yang sangat popular saat ini.

Dari sisi software, keberadaan internet telah membuat manusia bias berkomunikasi dengan sangat mudah. Adapun perkembangan software tidak lepas dari hardware. Keduanya saling mendukung. Perancangan hardware menjadi sangat mudah dan cepat dengan adanya software yang powerful. Sebaliknya, software yang kuat, cepat, dan biasanya berukuran besar hanya bias di bangun dan berjalan dengan baik jika hardware computer (processor, memory, harddisk, dsb).

Komputer yang ukurannya sangat kecil dan terintegrasi dengan handphone sudah umum di gunakan. Terjadi konvergensi antara telekomunikasi berbasis suara dengan data-data yang lainnya: teks, gambar, dan video. Teknologi Bluetooth memungkinkan sebuah handphone biasa berkomunikasi tanpa kabeldalam jarak dekat dengan beberapa perangkat lainnya seperti computer, printer scanner, dan sebagainya. Handphone berbasisi jaringan 3G (generasi ke-3) sudah bisa digunakan untuk pengiriman data multimedia.

Teknologi Masa Depan

Para ahli, secara personal maupun institusi, mencoba menggambarkan kondisi telekomunikasi masa depan dengan berbagai sudut pandang, pendekatan dan istilah. Ray Kurzweil adalah salah satu ahli yang mencoba memberikan gambaran telekomunikasi masa depan. Dalam bukunya yang berjudul “ The age of Spiritual Machines: when computer Exceed human intelligence”, kurzweil memprediksi bahwa pada tahun 2009 komputer akan menjadi sangat kecil, menempel pada pakaian dan perhiasan.

Meskipun ada batasan secara fisik, bagaimana Komputer bisa menempel di pakaian dan bisa berkomunikasi dengan manusia secara real time. Komputer yang sangat kecil bisa di tempelkan pada dasi dan tidak terlihat. Jika dasi tersebut rapat maka Komputer akan menginformasikan “I am tied too loosely”.

Telekomunikasi Elektrik

Telegraph elektrik komersial pertama di bangun di inggris oleh sir Charles Wheatstone dan Sir William Fothergill Cooke. Jaringan telegraph elektrik ini beroperasi dengan jangkauan 21 kilometer di the Great Western Railway pada 9 April 1839. Samuel Morse bersama Alfred Vaild berhasil membangun suatu telegraph yang bisa merekam pesan dalam gulungan kertas. Jaringan telegraph di Amerika Serikat berkembang hingga 32.000 kilometer pada tahun 1851. Selanjutnya, jaringan kabel telegraph yang melewati lautan Atlantic (antara Amerika Dan Eropa) selesai dibangun pada 27 Juli 1866. sepuluh tahun kemudian  (1876), telephone konvensional ditemukan oleh pemuda berusia 29 tahun bernama Alexander Graham bell dan asistennya, Thomas Watson (22 tahun). Pada masa itu, telephone merupakan penemuan yang penting karena bisa mengirimkan suara melalui jaringan kabel. Hal ini membuat telekomunikasi sangat cepat dan bisa dilakukan siapa saja.

Suara Graham bell dan asistenya yang mengucapkan kalimat “ Mr.watson, come here, I want you adalah suara pertama yang berhasil di kirimkan melalui kabel pada tanggal 10 maret 1876 telepon komersial mulai di jalankan pada tahun 1878 di New Haven, Connecticut. Pembangunan jaringan kabel telephone membutuhkan biaya yang besar dan dalam waktu yang lama. Oleh karena itu para ilmuwan, berusaha menemukan system telekomunikasi tanpa kabel (wireless telecommunication). Pada tahun 1854, dia berhasil mengirimkan pesan dari Dundee ke Woodhaven yang berjarak sekitar 3 kilometer, menggunakan air sebagai media transmisinya. Pada tanggal 25 maret 1925 di London, John Logi Baird (Scotlandia) berhasil mengirimkan pesan berupa gambar siluet bergerak. Pada bulan oktober 1925, Baird berhasil mengirimkan gambar bergerak yang sebenarnya atau televisi menggunakan Nipkow Disk sehingga dikenal sebagai televisi mekanik. Selanjutnya , baird berhasil membangun televisi berwarna menggunakan cathode-ray tubes.

Telekomunikasi Berbasis Komputer

Sejak ditemukannya computer elektronik pada decade 1930-an, perkembangan telekomunikasi menjadi sangat cepat. Berbagai usaha dilakukan untuk mengirimkan data dari satu computer. Pada tanggal 11 september  1940, George Stibitz berhasil mengirimkan masalah-masalah komputasi menggunakan teletype ke Complex Number Calculator di New York dan menerima hasil komputasinya di Darmount College, New Hamsphire. Konfigurasi computer terpusat ini tetap popular sampai era 1950an. Pada dekade 1960-an, para peneliti mulai melakukan penelitian tentang packet switching yang memungkinkan data-data di kirim ke Komputer-komputer lain tanpa melalui mainframe yang terpusat.

Pada bulan juni 1973, suatu node dari luar Amerika ditambahkan ke dalam jaringan Komputer tersebut. Pada bulan Agustus 1982, protocol electronic mail (e-mail) yang dikenal dengan SMTP mulai di perkenalkan. Pada bulan Mei 1996, HTTP/1.0 atau protocol yang membuat telekomunikasi berbasis Komputer menjadi sangat populer.

Sejarah perkembangan telekomunikasi memberikan banyak manfaat

bagi kita. Pertama telekomunikasi berawal dari Eropa dan Amerika. Pada masa permulaan, berbagai ide kreatif tentang telekomunikasi bisa muncul akibat perang berkepanjangan. Pembangunan jaringan telekomunikaasi secara besar-besaran menggunakan media api, aasap maupun semaphore yang digunakan untuk keperluan militer. Disamping itu masyarakat Eropa dan Amerika juga memiliki daya kreatifitas yang sangat tinggi, kerja keras yang luar biasa, dan penghargaan Negara terhadap suatu penemuan sungguh luar biasa. Dalam berbagai buku autobiography, Alexander Graham Bell dan Thomas Alva Edison harus bekerja larut malam untuk melakukan ratusan bahkan ribuan percobaan sebelum menghasilkan penemuan-penemuannya.

Sumber : https://www.bizmom.id/susah-ajarkan-si-kecil-matematika-ini-cara-mudahnya/