Sejarah PT. Central Proteinaprima

Sejarah PT. Central Proteinaprima

Sejarah PT. Central Proteinaprima
Sejarah PT. Central Proteinaprima

CP Prima adalah perusahaan akuakultur terkemuka di Indonesia yang memproduksi pakan dan produk makanan . Didirikan pada bulan April 1980 oleh Charoen Pokphand Group, CP Prima telah berkembang menjadi sebuah perusahaan akuakultur terkemuka di dunia dengan lebih dari 30 tahun pengalaman operasi dalam industri akuakultur dan diakui sebagai pelopor global dalam skala besar operasi akuakultur yang terintegrasi secara vertikal . CP Prima memproduksi pakan dan goreng , produk udang dan probiotik .

Ada dua unit bisnis utama dalam CP Prima , bisnis bisnis pakan dan udang pengolahan . Bisnis pakan menjual produk perikanan ke petani langsung atau melalui grosir daerah di Indonesia . Pakan CP Prima adalah pemimpin pasar saat ini dalam penjualan domestik pangsa pasar lebih dari 50 % . Unit bisnis juga menjual benur sebagai paket bundling dengan penjualan pakan , makanan hewan , probiotik dan bahan kimia akuakultur .

Bisnis pengolahan makanan adalah operasi akuakultur yang terintegrasi dengan sentra produksi udang di Sumatera Selatan dan Lampung , berlokasi strategis dekat khatulistiwa untuk budidaya sepanjang tahun . Operasi dan produksi bersertifikat di bawah berbagai standar keamanan pangan domestik dan internasional dengan praktek tanpa antibiotik dan ketertelusuran penuh ( BRC , ACC , Global GAP , dll ) . CP Prima adalah yang pertama perusahaan pengolahan udang di dunia yang menerima sertifikasi Global GAP pada tanggal 26 April 2009. Unit usaha ini menyediakan benur udang , pakan udang , probiotik , bahan kimia dan utilitas untuk operasi pertanian terpadu dan produk udang yang dihasilkan untuk dijual ke pihak luar . Penjualan pakan dan produk udang segmen paling signifikan CP Prima , menyumbang 58 % dan 32 % dari total pendapatan CP Prima , masing-masing.

Visi : untuk menjadi yang terbesar dan paling maju perusahaan akuakultur yang terintegrasi secara vertical di dunia.

Misi : Untuk terus meningkatkan kekuatan kompetitif kami dalam akuakultur dan mendorong efisiensi melalui manjemen yang inovatif dan teknologi baru untuk memastikan keberhasilan petani kita dan kualitas tertinggi dari produk kami. Kami akan terus secara konsisten mengevaluasi kontribusi social dan kinerja perusahaan kami sementara mengikuti praktek – praktek ramah lingkungan disemua operasi kami.

  1. Susunan Kepemilikan PT. Central Proteinaprima

  2. Fachrul Razi (Presiden Komisaris)

Jenderal (Purnawirawan) Fachrul Razi menjabat sebagai Presiden Komisaris, Komisaris Independen PT. Central Proteinaprima Tbk sejak 1 Juni 2012. Fachrul Razi adalah sebagai Wakil Presiden Komisaris Perseroan dan Komisaris Independen dari 19 Mei 2011 dengan tanggal 1 Juni 2012. Fachrul Razi lulus dari akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia pada tahun 1970.

  1. Mahar Atanta Sembiring (Presiden Direktur)

Mahar Atanta Sembiring adalah Presiden Direktur PT. Central Proteinaprima Tbk sejak 19 Mei 2011. Mahar Atanta Sembiring adalah Wakil Presiden Direktur Perseroan dari tahun 2007 sampai 19 Mei 2011, dan Direktur Operasional Budidaya Terpadu sampai tahun 2007. Pada tahun 1995, Mahar Atanta Sembiring menerima gelar Bachelor of Science dari Syracuse University, Master of Engineering dari Cornell University pada tahun 1996 dan Master of Science dari Universitas Stanford pada tahun 1997. Mahar Atanta Sembiring adalah Vice President of Strategic Planning Group & Pemasaran PT. Charoen Pokphand Indonesia.

  1. Franciscus Affandy (Wakil Presiden Komisaris)

Franciscus Affandy adalah Wakil Presiden Komisaris PT. Central Proteinaprima Tbk. Bergabung dengan Perseroan pada tahun 1971. Pada tahun 1973, Franciscus Affandy menerima gelar Sarjana Teknik Sipil dari Universitas Katolik Parahyangan, Indonesia. Menjabat sebagai Presiden Komisaris PT. Central Pertiwabahari, Direktur PT. Centralwindu Sejati, Presiden Direktur PT. Central Agromina dan Komisaris PT. Central Windupertala.

  1. MRT. Jimmy Joeng (Wakil Direktur Utama)

MRT. Jimmy Joeng telah menjadi Wakil Direktur Utama PT. Central Proteinaprima Tbk sejak 19 Mei 2011. Dia bergabung dengan Charoen Pokphand Group pada Tahun 1972 dan telah bekerja di beberapa posisi.

  1. Isman Hariyanto (Direktur)

Drs. Isman Hariyanto menjabat sebagai Direktur PT. Central Proteinaprima Tbk sejak 18 Desember 2007. Beliau meraih gelar Sarjana di bidang Administrasi dari Universitas Darma Waskita pada Tahun 1996. Beliau bergabung dengan Charoen Pokphand Group pada Tahun 1997 dan telah bekerja di beberapa departemen, termasuk unit usaha budidaya di PT. Centralpertiwi Bahari.

  1. Fredy Robin Sumendap (Direktur)

Mr. Fredy Robin Sumendap menjabat sebagai Direktur PT. Central Proteinaprima Tbk sejak 19 Mei 2011. Meraih gelar Sarjana Teknik Mesin dari Institut Teknologi Bandung pada tahun 1991 dan gelar Master of Business Administration dari University of Hawaii pada tahun 1999. Dari tahun 1992, ia bekerja untuk berbagai perusahaan sebelum bergabung dengan  Charoen Pokphand Group di tahunb 2011.

  1. Sutanto Surjadjaja (Direktur)

Sutanto Surjadjaya menjabat sebagai Direktur PT Central Proteinaprima Tbk sejak 19 Mei 2011. Beliau memperoleh gelar Bachelor of Science di bidang Teknik dari BostonUniversity, Amerika Serikat, pada tahun 1994, gelar Master of Science di bidang Teknik dari Universitas Stanford, Amerika Serikat, pada tahun 1995 dan gelar Master ofBusiness Administration dari Northwestern University, Amerika Serikat, pada tahun 1999. Dari tahun 1996 sampai 2006, dia bersama The Boston Consulting Group.Bergabung dengan PT Central Proteinaprima Tbk pada tahun 2007.

  1. Djoko Muhammad Basoeki (Komisaris Independen)

Djoko Muhammad Basoeki adalah Komisaris Independen PT Central ProteinaprimaTbk. Bergabung dengan Perseroan pada tahun 1972. Pada tahun 1965, ia lulus dengan gelar Bachelor di Peternakan dari Universitas Brawijaya dan pada tahun 1975 ia lulus dari Institut Pertanian Bogor. Kedua universitas yang berbasis di Indonesia. Dia memegang posisi Manager PT Mega Mendung Mixed Pertanian. Dia adalah seorangSupervisor PT Charoen Pokphand Indonesia dan memegang berbagai posisi di Charoen Pokphand Group, termasuk Direktur.

C.       Struktur Perusahaan

  1. Transaksi Permodalan Perusahaan

Pada tahun 1990, Perusahaan melakukan penawaran umum perdana atas 1 juta sahamnya dengan nilai nominal Rp1.000 (Rupiah penuh) per saham kepada masyarakat melalui Bursa Efek Jakarta dengan harga penawaran sebesar Rp4.000 (Rupiah penuh) per saham. Efektif tanggal 30 Juni 1999, Perusahaan membatalkan pencatatan sahamnya di Bursa Efek Surabaya. Pada tanggal 31 Desember 2003, jumlah saham yang telah ditempatkan dan disetor penuh yang dicatatkan di Bursa Efek Jakarta berjumlah 1.032.192.000 saham yang terdiri dari 516.096.000 saham seri A dengan nilai nominal Rp500 (Rupiah penuh) per saham dan 516.096.000 saham seri B dengan nilai nominal Rp375 (Rupiah penuh) per saham.

  1. Standar Akuntansi yang Berlaku di PT. Central Proteinaprima Tbk

Laporan keuangan konsolidasi disusun sesuai dengan prinsip dan praktek akuntansi yang berlaku umum di Indonesia yaitu Standar Akuntansi Keuangan dan peraturan Badan Pengawas Pasar Modal (Bapepam). Berikut ini adalah beberapa Penerapan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) yang berlaku di PT. Central Proteinaprima :

  1. PSAK No.7 tentang “Pengungkapan Pihak – pihak yang Mempunyai Hubungan Istimewa”
  2. PSAK No.38 tentang “Akuntansi Restrukturisasi Entitas Sepengendali”
  3. PSAK No. 30 tentang “Akuntansi Sewa Guna Usaha”
  4. PSAK No. 54 tentang “Akuntansi Restrukturisasi Hutang – Piutang bermasalah”
  1. Audit Komite

  2. Djoko Muhammad Basoeki (Ketua)
    Warga Negara Indonesia , lahir di Bondowoso pada tanggal 7 Agustus 1942. Meraih gelar Sarjana di Peternakan dari Universitas Brawijaya pada tahun 1965 dan Institut Pertanian Bogor pada tahun 1975 . Dia sebelumnya menjabat sebagai Manager PT Mega Mendung Mixed pertanian dari 1967 – 1971 , dan bergabung dengan PT Charoen Pokphand Indonesia pada tahun 1972 sebagai Supervisor . Sejak itu, ia telah memegang beberapa posisi kunci di Charoen Pokphand Group termasuk posisi Direksi . Dia sekarang menjabat sebagai Komisaris Independen dan Ketua Komite Audit Perseroan .
  3. Dr Suroso , Ak  (anggota)

Warga Negara Indonesia , lahir di Tangerang pada tanggal 1 Juni 1954. Ia memperoleh gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Indonesia , Jakarta , dan gelar Magister Manajemen dari Persada Indonesia YAI University. Sebelumnya posisi sebagai Commercial Partner dari Kantor Akuntan Publik Drs diadakan . Suryanto Gunawan dari tahun 1992 – Desember 2003 dan KAP Dedy Zeinirwan Santosa sejak 2004-2007 . Beliau saat ini menjabat sebagai Ketua SR Konsultan Manajemen sejak tahun 1992 , anggota komite audit PT Intraco Penta Tbk . sejak tahun 2001 , Dosen di Universitas Surapati sejak tahun 2006 dan Associate Partner di KAP . Liasta Subakti & Rekan sejak tahun 2007. Dia sekarang menjadi Anggota Komite Audit Perseroan .

Baca Artikel Lainnya: