Ponsel BM Masih Ada di Shopee

Ponsel BM Masih Ada di Shopee

E-commerce jadi keliru satu fasilitas penjualan yang efisien bagi vendor smartphone. Dalam peluncuran product terbaru, para vendor smartphone menggandeng sejumlah e-commerce untuk memasarkan product mereka.

Ponsel BM Masih Ada di Shopee

Namun, seringkali e-commerce dimanfaatkan oleh sejumlah oknum sebagai wadah peredaran ponsel Black Market (BM). Shopee keliru satunya.

Belum lama ini, ditemukan ponsel BM Xiaomi Redmi Note 5 di Shopee. Padahal Shopee sudah bekerjasama dengan pemerintah dan merek smartphone untuk menanggulangi peredaran ponsel BM di platform-nya.

Nyatanya, tetap tersedia saja seller yang menjajakan Redmi Note 5 versi BM. Ini lumrah terdapatnya mengingat tetap banyak ponsel Xiaomi yang masuk ke Indonesia secara tidak resmi

Pembeli Redmi Note 5 tidak menyangka kalau smartphone yang dibeli adalah product BM. Tulisan Cina yang terkandung pada box mengindikasikan bahwa ponsel berikut adalah ponsel BM. Jelas ini sangat merugikan bagi pembeli.

“Kita tengah menyelidiki masalah ini untuk memastikan kronologisnya. Proses investigasi biasanya selesai dalam hitungan hari. Ini tergantung seller atau buyernya apakah bisa dihubungi dengan cepat. Bisa juga tergantung dari pihak ketiga. Misalnya, kontrol lain-lain seperti order proses logistik oleh pihak ketiga,” ujar Rezki melalui pesan singkat kepada Selular.ID.

Rezki mengemukakan bahwa buyer yang merasa tertipu wajib menyebutkan secara rinci kronologis-nya sehingga proses penyidikan bisa segera diselesaikan. Dikatakan Rezki, customer bisa melaporkan ke customer pelayanan kita kalau mendapatkan penipuan seperti ponsel BM tersebut.

“Kalau seller menulis ponsel asli ternyata yang datang palsu, itu namanya menipu konsumen. Kami akan menindak tegas seller berikut kalau terbukti menjajakan ponsel BM atau lakukan tindak penipuan. Salah satunya dengan membekukan akun seller berikut sehingga tidak bisa berjualan lagi di Shopee,” tegas Rezki.

Rezki mengemukakan bahwa Shopee akan memecahkan masalah ponsel BM atau penipuan lainnya dengan seller dan buyer.

“Kami akan bertanggung jawab atas kesalahan yang dilaksanakan seller untuk menambahkan kenyamanan kepada buyer dan seller. Ketika terbukti sebetulnya si seller yang lakukan penipuan, maka si buyer akan memperoleh penggantian unit. Untuk biaya penggantiannya, Shopee dengan seller yang bertanggung jawab. Bisa juga seller yang lebih besar, tentu saja tergantung kesepakatan bersama,” mengetahui Rezki.

Dijelaskan Rezki sebaiknya sebelum akan belanja sebaiknya buyer memastikan bahwa si seller memiliki ratting terbaik.

cara download video youtube di android “Dari masalah ini tidak bisa dipastikan siapa yang salah. Pembeli sebaiknya berhati-hati dalam belanja ponsel di seller. Pilih Shopee mall atau star seller dan baca dengan seksama uraian product yang akan dibeli, jadi tinggi bintang-nya dan jadi komplit uraian produk-nya jadi baik. Sebaiknya buyer belanja ponsel di Shopee Mall yang sudah terjamin asli kualitasnya. Untuk si seller sebaiknya menjajakan barang yang asli dan jangan menipu konsumen,” tandas Rezki.