Perbedaan Sel Prokariotik dan Sel Eukariotik Bentuk Tabel

Perbedaan Sel Prokariotik dan Sel Eukariotik Bentuk Tabel

 

Sel prokariotik dan Eukariotik | Kali ini akan diulas tentang perbedaan sel prokariotik dan sel eukariotik. Seperti yang kita tahu, sel prokariotik secara mendasar memiliki perbedaan dengan sel eukariotik dari segi kondisi inti sel atau nukleusnya.

Perbedaan sel prokariotik dan sel eukariotik bertambah banyak seiring dengan perkembangan teknologi pengamatan sel. Perbedaan sel prokariotik dan sel eukariotik hingga sekarang telah mencakup mulai dari segi bentuk dan ukuran sel hingga keadaan inti sel serta kromosom yang ada.

Tabel Perbedaan Sel Prokariotik dan Sel Eukariotik

Perbedaan Sel Prokariotik  Sel Eukariotik
Ukuran Sel Diameter Sel prokariotik 0,2-2.0 µm

 

Diameter Sel prokariotik 10-100 µm
Inti Sel Tidak memiliki membran inti, inti sel (nukleus) tidak nyata / tidak nampak dan tersebar dalam sitoplasma; tidak anak inti sel Inti sel nyata, memiliki membran inti dan anak inti sel (nukleolus).
Organel terbungkus membran Tidak ada Ada, semua organel terbungkus membran seperti mitokondria, retikulum endoplasma, lisosom dan organel sel lainnya
Flagela mengandung dua protein penyusun (protein building blocks)  hanya berupa satu untaian tersusun atas banyak mikrotubula.
Glikokaliks (Glycocalyx) dalam bentuk kapsul atau lapisan lendir, sedangkan pada sel eukariot terdapat pada sel sel yang tidak memiliki dinding sel.
Dinding sel

 

Sel prokariot memiliki dinding sel cukup kompleks dan mengandung peptidoglycan. Ada dinding sel, komposisi kimia yang sederhana.
Membran sel: Tidak mengandung karbohidrat dan kurang mengandung sterol / steroid Pada eukariot mengandung sterol / steroid dan karbohidrat yang dapat berfungsi sebagai reseptor.
Sitoplasma Tidak mengandung sitoskeleton atau aliran sitoplasma Pada sel eukariot memiliki sitoskeleton dan aliran sitoplasma.
Ribosom pada sel prokariot mengandung ukuran 70S (lebih kecil) sel eukariot mengandung ukuran pada ribosom subunit mayor 80S dan subunit minor 70S.
Susunan Kromosom (ADN/DNA) Sel prokariot memiliki kromosom sirkular, tidak mengandung histon sel eukariot berbentuk multiple linear dengan kehadiran histon
Pembelahan sel Sel prokariot membelah dengan binari fisi pada sel eukariot dengan mitosis
Reproduksi seksual

 

Sel prokariot tidak melakukan meiosis, hanya melakukan Transfer fragmen DNA saja (Konjugasi) Pada sel eukariot berhubungan dengan meiosis
Permeabilitas membran inti Selektif Tidak
Kloroplas Ada, terdapat dalam sel tumbuhan Tidak ada, klorofil tersebar dalam sitoplasma
Tipe sel Biasanya multiseluler Uniselular (pada beberapa cyanobacteria ada yang multiseluler
Jumlah kromosom Satu dan lebih Satu saja tapi bukan kromosom sejati : plasmid
Vesikula ada ada
Contoh Sel tumbuhan Bakteri dan arkhaebakteri
Perbedaan Sel prokariotik dan Sel eukariotik dilihat dari DNA dan Kromosom

Sekian ulasan tentang perbedaan sel prokariotik dan sel eukariotik, untuk penjelasan dan pemahaman yang lebih jauh tentang sel dalam biologi, baca juga kingdom animalia