Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli

Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli

Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli

Kewirausahaan

Definisi Kewiarausahaan atau dalam bahasa inggris enterpreneur adalah orang yang berbakat dalam menilai jual beli produk, sehingga dia mau membeli barang tersebut meskipun belum mengetahui berapa nanti harga barang tersebut dapat terjual.

Pengertian Kewirausahaan

KEWIRAUSAHAAN adalah semangat,sikap,perilaku dan kemampuan seseorang dalam menangani suaha atau kegiatan yang mengarah pada upaya mencari, menciptakan serta menerapkan cara kerja, teknologi dan produk baru dengan meningkatkan efisien dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik dan atau memperoleh keunutungan yang besar.

Beberapa pengertian Kewirausahaan

Menurut Drs. Joko Untoro, kewirausahaan adlah suatu keberanian untuk melakukan upaya upaya memenuhi kebutuhan hidup yang dilakukan oleh seseorang , atas dasar kemampuan dengan cara manfaatkan segala potensi yang dimiliki untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya dan orang lain.
Menurut J.Leach Ronald Melicher bahwa kewirausahaan adalah sebuah proses dalam merubah ide menjadi kesempatan komersil dan menciptakan nilai (harga) “Process of changing ideas into commerical opportunities and creating value”.
Dalam buku Enterpreneurship: Determinant and policy in European-Us comparison bahwa kewirausahaan adalah proses mempersepsikan, menciptakan,dan mengejar peluang ekonomi “process of perceving, creating, and pursing economic opportunistes”. Akan tetapi dkatakan dalam buku tersebut, Bahwa proses kewirausahaan itu sendiri sulit untuk diukur.
Menurut Bapak Eddy Soeryanto Soegoto bahwa Kewirausahaan atau enterpreneurship adalah usaha kreatif yang di bangun berdasarkan inovasi untuk menghasilkan sesuatu yang baru, memiliki nilai tambah , memberi manfaat, menciptakan lapangan kerja dan hasilnya berguna bagi orang lain.
Menurut Ahmad Sanusi Kewirausahaan adalah suatu nilai yang diwujudkan dalam perilaku yang dijadikan sumber daya , tenaga penggerak, tujuan, siasat, kiat, proses, dan hasil bisnis
Menurut bapak Soeharto Pawiro, adalah suatu nilai yang dibutuhkan untuk memulai usaha nilai yang menggembanggkan usaha.
Menurut Drucker, bahwa kewirausahaan adlah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda.
Menurut ZImmer (1996) adalah suatu proses penerapan kreativitas dan keinovasian dalam memecahkan persoalan dan menemukan peluang untuk memperbaiki kehidupan usaha.
Menurut Siswanto sudomo (1989) kewiarausahaan atau enterpreneurship adalah segala sesuatu yang penting mengenai seorang wirausaha, yakni orang yang memiliki sifat bekerja keras dan berkorban memusatkan segala daya dan berani mengambil resiko untuk mewujudkan gagsannya.

Dari beberapa gagasan diatas dapat disimpulkan bahwa pengertian kewirausahaan adalah ebuah proses mengkreasiakan dengan menambah nilai sesuatu yang dicapai melalui usaha keras dan waktu yang tepat dengan memperkirakan dana pendukung,fisik, resiko sosial, dan akan menerima redwars berupa keuangan dan kepuasan serta kemandirian personal.

 

Sumber : https://www.dosenpendidikan.co.id/