Ombudsman siap mengawal PPDB tahun 2017

Ombudsman siap mengawal PPDB tahun 2017

Ombudsman siap mengawal PPDB tahun 2017
Ombudsman siap mengawal PPDB tahun 2017

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat Sekolah Dasar (SD/MI) dan Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan (SMA/SMK/MA) akan dibuka awal Juni tahun 2017 oleh Dinas Pendidikan Kota Bandung dan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.

Ombudsman yang merupakan lembaga negara yang mempunyai kewenangan

mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik yang diselenggarakan oleh penyelenggara negara dan pemerintah tentunya mempunyai tugas untuk mengawal PPDB yang kerap terjadi kecurangan setiap tahunnya.

Seperti yang diungkapkan Asisten Ombudsman RI Perwakilan Jawa Barat Noer Adhe Purnama mengatakan, pengawasan ombudsman terhadap PPDB di Kota Bandung sangatlah aktif dan siap untuk mengawal.

Dikarenakan, Ombudsman sendiri sering di undang oleh Dinas Pendidikan Kota Bandung dalam tahapan pembuatan Perwal, FGD-FGD, sampai kepada tahap sosialisasi pertama yang dilakukan Disdik Kota Bandung.

“Walaupun memang ternyata sosialisasi itu hanya dihadiri oleh kepala sekolah dan camat lurah, sedangkan masyarakatnya tidak ada,” ungkap Noer kepada RMOLJabar. Selasa (30/05).

Begitupun memang instrumen penyelenggaraan negara juga harus paham dulu

dengan aturannya tetapi PR yang harus dilakukan Disdik kota Bandung adalah harus mensosialisasikan juga ke masyarakat.

“Karena masyarakatlah yang kemudian akan berperan nanti untuk melakukan pendaftaran-pendaftaran PPDB,” jelasnya.

Selanjutnya, PPDB tingkat SMA dan SMK yang dialihkelolakan kepada Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. Ombudsman sendiri berencana turun di beberapa kota dan kabupaten untuk melakukan pemantauan langsung terkait penyelenggaraan PPDB.

“Kemaren kita pemetaan di kabupaten karawang, kabupaten Bandung, dan

kabupaten Purwakarta, dan Kota Bandung,” ungkpanya.

Karena keempat daerah ini kata Noer, termasuk yang rawan dan laporan dari keterangan-keterangan kepala sekolah secara terbuka menyampaikan adanya indikasi-indikasi penyimpangan di dalam pelaksanaan PPDB

“Sehingga kita memetakan di 4 kota atau kabupaten,” tandasnya

 

Sumber :

Cara Menumbuhkan Sikap Toleransi Pada Diri Anak