KURIKULUM ALAT MENCAPAI TUJUAN PENDIDIKAN

Kurikulum Alat Mencapai Tujuan pendidikan

Kurikulum alat meraih obyek pendidikan – Kurikulum 2013 tidak berumur panjang. Pelaksanaannya di sekolah akan dihentikan dan digantikan oleh kurikulum 2006. Kabar ini telah tersiar luas karena diumumkan oleh menteri yang berkepentingan terhadap pelaksanaan pendidikan dasar dan menengah.

Sudah lumrah, setiap pergantian akan mengundang gejolak sosial di sedang masyarakat. Begitu pula penghentian pelaksanaan kurikulum 2013 ini. Telah mengundang bermacam respon dari pihak yang berkenaan bersama keperluan pendidikan di negeri ini. Ada yang bertanggapan positif tetapi tidak sedikit yang menanggapinya secara negatif. Sekali lagi, itu hal wajar…

Sebagai seorang praktisi pendidikan, pergantian proses dan manajemen pendidikan itu sebenarnya perlu dilakukan. Namun pergantian itu diharapkan ke arah yang lebih baik. Jika diakui cara mundur, itu juga hal yang wajar.

Sasaran pelaksanaan kurikulum adalah guru. Gurulah yang mengoperasionalkan kurikulum pendidikan melalui pembelajaran di sekolah. Dalam wujud kegiatan intra-kurikuler maupun ekstra-kurikuler. Kalau begitu, tidak berarti betapa pun bagusnya kurikulum, terkecuali tidak dioperasionalkan oleh guru.

Pada hakikatnya kurikulum itu bukan tujuan, melainkan alat untuk meraih tujuan. Kurikulum pendidikan merupakan alat untuk meraih obyek pendidikan. Tujuan itu akan tercapai misalnya guru mengoperasionalkan kurikulum di sekolah. Baca kembali: Kurikulum Itu Apa dan untuk Siapa

Jelas oleh kita, kurikulum itu pemandu kegiatan pembelajaran dan diperuntukkan membuat siswa. Melalui kurikulum, guru bisa membelajarkan siswa bersama baik. Membelajarkan di dalam hal ini adalah pengaruhi spesial siswa di dalam segi intelektual, sikap dan tingkah laku dan juga keterampilan.

Jadi, kurikulum apa pun yang berlaku di dalam pendidikan, yang mutlak adalah bagaimana usaha guru di dalam menerapkan kurikulum itu di sekolah. Tentu saja di dalam hal ini adalah kreativitas dan inovasi guru di dalam produksi dan mengoperasionalkannya di dalam pembelajaran.

Sumber : https://www.ruangguru.co.id/download-contoh-surat-penawaran-harga-yang-benar/