Keanekaragaman Makhluk Hidup: fungsi dan Upaya Pelestariannya

Keanekaragaman Makhluk Hidup: fungsi dan Upaya Pelestariannya

tahukah kamu kecuali Indonesia merupakan negara yang mempunyai keanekaragaman makhluk hidup yang terlampau tinggi? Oleh sebab itu, Indonesia dijuluki sebagai negara mega biodiversity, lho. Tentunya, keanekaragaman ini mempunyai banyak fungsi bagi kehidupan manusia serta menjadi tanggung jawab bagi kita untuk dapat menjaga dan melestarikannya. Hmm, kira-kira apa saja ya manfaatnya? Lalu, apa sih upaya yang dapat kita jalankan untuk melestarikan keanekaragaman makhluk hidup tersebut?

Manfaat Keanekaragaman Makhluk Hidup
1. Sumber kehidupan

Manfaat yang pertama adalah sebagai sumber kehidupan manusia. Hal ini meliputi keperluan sandang, pangan, papan, hingga obat-obatan. Squad, coba kamu bayangkan kecuali kita hidup di daerah yang gersang? Tak tersedia air, tumbuhan, maupun hewan yang dapat kita makan. Kita juga tidak dapat tinggal di tempat tinggal yang nyaman layaknya saat ini sebab tidak tersedianya bahan baku bangunan. Obat-obatan juga sukar kita dapatkan. Nggak kebayang deh Squad. Oleh sebab itu, kita kudu banyak bersyukur nih sebab kita tinggal di daerah dengan sumber kekuatan alam yang bermacam ragam.

2. Sumber ekonomi

Sektor industri merupakan keliru satu sektor pendukung berkembangnya perekonomian negara. Tentunya, sektor industri ini tidak bakal dapat berjalan tanpa ada bahan baku. Misalnya, tanpa ada hewan yang dapat menghasilkan susu, telur, atau daging, maka industri makanan maupun minuman tidak bakal dapat berjalan. Ternyata tumbuhan dan hewan terlampau besar kontribusinya dalam kehidupan kita lho, Squad!

3. Membantu menjaga keseimbangan ekosistem

Squad, coba kamu pikirkan, apa yang berjalan kecuali di dalam sebuah ekosistem sawah, populasi burung pemakan hama mengalami kepunahan? Hal yang telah pasti berjalan adalah populasi hama bakal meningkat secara besar-besaran. Akibatnya, mutu hasil memproses padi menjadi berkurang. Oleh sebab itu, keanekaragaman makhluk hidup berfungsi untuk menolong dalam menyeimbangkan ekosistem.

4. Membantu menghindar terjadinya kerusakan lahan

Keanekaragaman makhluk hidup dapat berfungsi untuk menghindar terjadinya kerusakan lahan. Banyaknya tipe tanaman yang tumbuh di suatu lahan bakal menjaga lahan tersebut berasal dari terjadinya erosi (pengikisan tanah) yang disebabkan oleh air hujan.

5. Kemajuan ilmu ilmu dan transportasi

Ternyata, keanekaragaman makhluk hidup dapat digunakan sebagai objek penelitian nih, Squad. Tentunya, perihal ini bakal terlampau berfungsi untuk pertumbuhan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Selain itu, lebih dari satu hewan layaknya kuda, unta, dan kerbau tetap dimanfaatkan tenaganya sebagai alat transportasi hingga sekarang, lho. Hayo, siapa yang dulu naik delman?

6. Agen daur materi

Pernahkah kamu berkhayal kecuali seluruh sampah yang tersedia di bumi ini tidak dapat diuraikan? Mungkin kamu bakal kesusahan untuk bernapas sebab bau yang ditimbulkan oleh sampah tersebut. Lingkungan di sekitarmu juga bakal menjadi kotor dan kerap kehadiran banjir akibat sampah yang menumpuk di selokan. Dengan ada keanekaragaman makhluk hidup berupa hewan-hewan detritivor (pengurai), sampah-sampah tersebut dapat diuraikan menjadi bahan yang mudah diserap oleh tanah maupun tumbuhan.

Nah, saat ini kamu telah mengetahui kan seberapa besar fungsi keanekaragaman makhluk hidup bagi kehidupan kita. Sayang lho Squad kecuali kita tidak dapat menjaga dan merawatnya. Eits! tapi tenang, di bawah ini telah dijelaskan cara untuk melestarikannya, lho. Yuk, simak!

Upaya dalam Melestarikan Keanekaragaman Makhluk Hidup:
1. Sistem tebang menentukan dan reboisasi

Salah satu upaya yang dapat dikerjakan untuk melestarikan keanekaragaman makhluk hidup adalah dengan jalankan sistem tebang menentukan dan jalankan penanaman kembali (reboisasi). Hal ini mutlak sekali untuk dikerjakan sebab tidak cuman dapat menjaga makhluk hidup yang tinggal di ekosistem tersebut, juga sebagai pencegahan terjadinya bencana tanah longsor.

2. Pengolahan limbah industri yang tepat

Squad, banyak sekali pencemaran lingkungan yang ditimbulkan oleh limbah industri. Mulai berasal dari limbah cair (minyak, sisa-sisa bahan kimia, dsb) hingga limbah padat (plastik, kain, dsb). Oleh sebab itu, kudu dikerjakan upaya dalam mengatasinya. Contohnya dengan jalankan daur kembali limbah plastik atau botol-botol bekas menjadi produk yang berfungsi dan mempunyai nilai jual.

3. Penangkaran dan dukungan terhadap spesies langka

Keberadaan spesies langka selagi ini makin mengkhawatirkan. Hal ini disebabkan oleh ulah tangan-tangan jahil yang cuma mementingkan keuntungan pribadinya saja. Adanya daerah penangkaran bagi spesies langka tersebut menolong untuk menjaga kelestarian keanekaragaman makhluk hidup. Terdapat dua macam cara yang dapat dilakukan, diantaranya:

Pelestarian in situ
Merupakan pelestarian yang dikerjakan di dalam habitat aslinya. Contohnya: Taman Nasional Ujung Kulon, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Taman Nasional Komodo, dan tetap banyak lagi.

Pelestarian ex situ
Merupakan pelestarian yang dikerjakan di luar habitat aslinya. Contohnya: Kebun Koleksi Kelapa di Bone Bone, Kebun Raya Bogor, dan lain sebagainya.

4. Menjaga kebersihan lingkungan

Salah satu upaya termudah yang dapat kita jalankan adalah menjaga kebersihan lingkungan. Caranya, kita dapat mulai membiasakan diri untuk menghilangkan sampah terhadap tempatnya nih, Squad. Sesimpel itu lho ternyata. Lingkungan yang bersih bakal menjadi daerah tinggal yang nyaman bagi makhluk hidup di sekitarnya. Kamu senang lingkungan yang bersih bukan? www.gurukelas.co.id