Iran tetap bisa beli rudal

Iran tetap bisa beli rudal

Iran tetap bisa beli rudal
Iran tetap bisa beli rudal

Sanksi baru PBB tidak akan menghalangi Rusia

Memasok rudal permukaan ke udara ke Iran, kata pejabat Rusia. Rusia setuju memasok Iran dengan sistem rudal S-300 beberapa tahun lalu, tapi tidak mengirimkan senjata canggih tersebut.

 

Menlu Rusia Sergei Lavrov menekan rudal tersebut

Tidak terkena pembatasan yang ditetapkan oleh PBB berkaitan dengan kerjasama dengan Iran. Lavrov juga menambahkan Moskow tengah merundingkan kelanjutan pembangunan reaktor nuklir di Iran.

Amerika Serikat dan Israel merisaukan rudal S-300.

Misil tersebut dirancang untuk menghadapi rudal yang ditembakkan dari pesawat tempur atau pun rudal jelajah. Dengan kemampuan tersebut, S-300 mungkin dipergunakan untuk melindungi fasilitas nuklir Iran dari kemungkinan serangan.

Dewan Keamanan PBB hari Rabu

memberikan persetujuan untuk memberlakukan putaran keempat sanksi terhadap Iran, karena negara tersebut tidak menghentikan program pengayaan uranium.

Iran bersikukuh menginginkan hanya energi atom, tapi beberapa negara Barat mencurigai Teheran sedang mencoba membangun senjata nuklir.

Sanksi baru tesebut disetujui setelah rancangannya diperlunak dalam negosiasi dengan Rusia dan Cina.

Para pejabat Rusia menyatakan hari Kamis bahwa resolusi baru Dewan Keamanan PBB hanya mencakup rudal atau sistem rudal seperti yang ditetapkan untuk keperluan UN Register of Conventional Arms.

Bagian mengenai rudal dalam register PBB mengenai senjata konvensional menyatakan tidak mencakup rudal permukaan ke udara.

Baca Juga :