Dampak Masuknya Budaya Asing

Table of Contents

Dampak Masuknya Budaya Asing

Dampak Masuknya Budaya Asing – Pengaruh budaya asing disebabkan oleh kontak kebudayaan. Semakin intensif jalinan (interaksi) bersama masyarakat yang berbudaya, supaya menyebabkan pengaruh bagi budaya asli yang ada. Secara umum pengaruh masuknya budaya asing adalah sebagai berikut;

1. Perubahan Kebudayaan
Pengaruh kebudayaan asing melalui kontak budaya secara langsung berjalan pengaruh timbal balik atau saling mempengaruhi supaya menyebabkan pergantian kebudayaan. Perubahan kebudayaan adalah pergantian yang berjalan akibat ketidaksesuaian di antara unsur-unsur kebudayaan yang saling berbeda supaya berjalan situasi yang tidak selaras fungsinya bagi kehidupan. Perubahan kebudayaan bakal berjalan secara terus menerus tergantung terhadap dinamika masyarakatnya.

2. Pembauran Kebudayaan
Pembaruan kebudayaan antara kebudayaan masyarakat setempat (lokal) bersama kebudayaan asing dipercepat bersama ada suatu situasi yang sukar dihindari. Dunia jadi terbuka tanpa proteksi yang dikenal bersama globalisasi. Globalisasi adalah sistem terbentuknya sebuah sistem organisasi dan sistem komunikasi antara masyarakat di semua dunia untuk ikuti sistem dan kaidah yang sama. Menurut Michael Haralambos dan Marin Holbon, globalisasi adalah suatu sistem yang di dalamnya batas-batas negara luluh dan tidak mutlak ulang dalam kehidupan sosial.

3. Modernisasi
Menurut Koentjaraningrat, modernisasi adalah usaha untuk hidup sesuai bersama zaman dan konstelasi dunia. modernisasi adalah sistem pergantian masyarakat dan kebudayaan berasal dari masyarakat dan kebudayaan tradisional ke masyarakat dan kebudayaan modern dalam semua aspeknya. Modernisasi mampu bersumber terhadap negara-negara barat (Amerika, Eropa). Masuknya budaya asing menyebabkan modernisasi yang menghasilkan manusia modern yang lebih mengacu terhadap pandangan hidup, sikap, dan tindakan.

4. Keguncangan Budaya (Culture Shock)
Keguncangan budaya adalah guncangan jiwa atau mental masyarakat dikarenakan belum ada kesiapan terima kebudayaan asing yang datang secara tiba-tiba. Masyarakat yang terdiri atas beberapa ras, suku, bangsa, agama, ideologi, pekerjaan, dan latar belakang budaya bakal memudahkan munculnya pertentangan dan guncangan-guncangan sosial. Suasana yang demikianlah bakal mendorong lahirnya perubahan-perubahan sosial.

5. Penetrasi Budaya
Dalam penetrasi, pengaruh kebudayaan asing demikianlah rupa supaya menyebabkan pergantian secara besar-besaran dalam pas yang relatif singkat. Penetrasi kebudayaan berjalan melalui 2 cara;

Cara damai atau bersahabat
Cara kekerasan

6. Memperkaya Keberagaman Budaya Indonesia
Pengaruh kontak bersama budaya asing terlalu sadar nampak terhadap agama yang dianut bangsa Indonesia apalagi corak kesenian dan tradisi istiadat yang tersedia di Indonesia termasuk diwarnai budaya asing yang masuk di Indonesia.

7. Lemahnya Nilai-Nilai Budaya Bangsa
Lemahnya nilai-nilai budaya bangsa, akibat kuatnya pengaruh budaya asing yang tidak sesuai bersama kepribadian bangsa. Melalui kontak langsung (unsur-unsur pariwisata) maupun tidak langsung (media cetak, elektronik, dan lain-lain). Hal ini mampu berdampak westernisasi atau style hidup kebarat-baratan, pergaulan bebas, dan penyalahgunaan obat-obatan. apakah kaitan antara ciri khusus makhluk hidup dengan karakteristik habitatnya

Dampak kebudayaan Barat di Indonesia dicerminkan dalam wujud globalisasi dan modernisasi yang mampu membawa pengaruh positif dan pengaruh negatif bagi bangsa kita.

a. Dampak Posistif
Perubahan tata nilai dan sikap
Berkembangnya Ilmu ilmu dan teknologi
Tingkat kehidupan yang lebih baik
b. Dampak Negatif
Pola hidup konsumtif
Sikap individualistis.
Gaya hidup kebarat-baratan
Kesenjangan sosial

Demikianlah ulasan tentang “Dampak Masuknya Budaya Asing”, yang terhadap kesempatan kali ini mampu dibahas bersama singkat dan semoga ulasan selanjutnya berguna bagi para pengunjung ataupun pembaca. Terima kasih kamu sudah datang dan hingga jumpa!

Baca Juga :