BRI Gaet Seniman untuk Salurkan Kredit

BRI Gaet Seniman untuk Salurkan Kredit

i5hare Patungan Aqiqah Bagi Bayi Dhuafa
i5hare Patungan Aqiqah Bagi Bayi Dhuafa

BANDUNG-Bank Rakyat Indonesia (BRI) menawarkan skema pembiayaan bagi pelaku ekonomi kreatif, khususnya bagi eknomi kreatif bidang musik, film, dan desain.

Kepala Bagian Bisnis Program Pangan dan Kemitraan BRI, Agus Sunaryo,

mengatakan, para seniman dapat memanfaatkan kredit dari BRI melalui skema Kredit Usaha Rakyat (KUR), kredit ritel, dan program bina lingkungan.

Nilai kredit yang dapat diakses antara lain maksimal Rp 25 juta jika mengajukan melalui KUR dengan bunga 9%. Sedangkan jika mengajukan melalui kredit ritel, nilainya dapat mencapai maksimal Rp 500 juta. Sementara jika melalui kredit bina lingkungan, maksimal mencapai Rp 75 juta dengan bunga maksimal 6%.

Bank BRI merupakan salah satu bank yang intens menjaring debitur dari kalangan

industri kreatif. Secara nasional, BRI telah menyalurkan pembiayaan bagi sekitar 600.000 debitur industri kreatif, di antaranya dari Jabar yang mencapai 130.000 debitur.

Menurut dia, skema pembiayaan yang ditawarkan Bekraf dan Bank BRI berbeda dengan pembiayaan pada umumnya. Calon debitur industri kreatif berada di bawah badan atau lembaga seperti Bandung Music Council (BMC) yang telah terhubung dengan Bekraf. Sehingga ada jaminan akses pembiayaan kepada mereka. Namun, keputusan penyaluran kredit tetap berada di tangan BRI, melihat kemampuan calon debitur.

 

Dari 16 sub sektor ekonomi kreatif, hanya tiga sub sektor yang telah banyak

mengakses pembiayaan perbankan, yaitu kuliner, fesyen, dan kerajinan. Sementara sub sektor musik, film, dan desain produk belum banyak tersentuh. Padahal industri ini memerlukan permodalan untuk membeli alat musik atau perbaikan studio. jo

 

Baca Juga :