5 Langkah Penulisan Metode Ilmiah

5 Langkah Penulisan Metode Ilmiah

ketika kami dihadapkan terhadap suatu permasalahan, udah tentu tersedia cara atau solusi yang dapat kami lakukan untuk merampungkan masalah tersebut. Begitu terhitung saat kami idamkan merampungkan suatu permasalahan yang bersifat ilmiah. Terdapat langkah-langkah spesifik yang dapat kami lakukan untuk memecahkan masalah ilmiah tersebut.

Ini lho yang disebut bersama metode ilmiah. Perlu kamu ketahui bahwa langkah-langkah ini wajib dijalankan secara tertib atau berurutan. Terdapat lima cara basic dalam penulisan metode ilmiah nih, Squad. Semuanya bakal kami bahas satu persatu terhadap artikel di bawah ini.

Langkah-Langkah dalam Penulisan Metode Ilmiah:

1. Perumusan masalah

Langkah yang pertama adalah perumusan masalah. Dalam menyebabkan rumusan masalah, kami bakal melacak sadar jawaban dari masalah yang kami temui. Caranya, wajib bersama gunakan pertanyaan bersifat 5W+1H. Misalnya, kamu idamkan lakukan penelitian Biologi yang berjudul, “Pengaruh Cahaya Matahari terhadap Pertumbuhan Kecambah”. Maka, rumusan masalah yang dapat kamu tulis adalah:

Apakah sinar matahari dapat pengaruhi perkembangan kecambah?
Mengapa sinar matahari dapat pengaruhi perkembangan kecambah?
Bagaimana sinar matahari dapat pengaruhi perkembangan kecambah?

Nantinya, dari rumusan masalah ini kami bakal meraih obyek dari penelitian yang rela kami lakukan. Berdasarkan perumpamaan penelitian di atas, obyek penelitiannya adalah untuk sadar dampak sinar matahari terhadap perkembangan panjang batang kecambah.

2. Observasi

Setelah lakukan perumusan masalah, cara selanjutnya adalah observasi. Di sini, bakal dijalankan proses pengumpulan data, baik itu data-data baru atau data-data yang udah tersedia terhadap penelitian sebelumnya. Tapi ingat, teori ini wajib berhubungan bersama penelitian yang rela kami lakukan ya, Squad. Kemudian, kami bakal lakukan pengamatan terhadap objek penelitian, agar terbentuk suatu basic teori.

3. Hipotesis

Setelah dijalankan observasi dan diperoleh data, seterusnya kami bakal menyebabkan dugaan waktu dari masalah tersebut. Dugaan waktu ini yang disebut bersama hipotesis.

4. Eksperimen

Pada cara yang keempat, kami bakal lakukan eksperimen untuk menguji hipotesis yang udah kami membuat sebelumnya. Caranya, kami dapat lakukan percobaan yang dapat dijalankan di laboratorium atau di luar laboratorium.

Selain itu, kami bakal lakukan analisis. Tujuan dari kesimpulan ini adalah kami idamkan memperbandingkan information hasil percobaan yang kami lakukan waktu ini bersama information hasil eksperimen terhadap percobaan-percobaan sebelumnya.

5. Penarikan kesimpulan

Langkah yang terakhir adalah penarikan kesimpulan. Kesimpulan ini merupakan jawaban akhir dari hasil observasi maupun eksperimen yang udah kami lakukan. Tujuannya adalah untuk menunjukkan kebenaran hipotesis. Apakah hipotesis yang kami gunakan itu benar atau salah.

Baca Juga :